Hanbok Pakaian Tradisional Korea Yang Elegan | BumiKorea ㅣBelajar Bahasa Korea untuk Pemula

Hanbok Pakaian Tradisional Korea Yang Elegan Bumi Korea Jumat, 08 Mei 2020 No Comment

Hanbok Pakaian Tradisional Korea Yang Elegan

Sumber foto http://www.ifamily.co.kr/

Di Indonesia kita mengenal banyak pakaian adat atau pakaian tradisional daerah. Setiap daerah atau negara memiliki pakaian tradisional, begitu juga dengan Korea Selatan. Berkat Kpop dan drama Korea yang mendunia, banyak hal tentang budaya Korea Selatan yang dikenal luas oleh masyarakat dunia salah satunya adalah Hanbok (한복).

Apa itu Hanbok?

Hanbok adalah pakaian tradisional Korea Selatan. Secara harfiah 한복 (hanbok) berarti pakaian / baju Korea. Budaya berpakaian Hanbok sudah ada sejak zaman kerajaan kuno 고구려 (Goguryeo) sampai saat ini. Namun Hanbok yang berkembang sekarang mengacu pada Hanbuk gaya Dinasti Joseon (조선), oleh karena itu di Korea Utara Hanbok dikenal dengan nama Joseon ot (조선 옷).

Hanbok adalah pakaian yang elegan dengan kombinasi warna yang baik umumnya berwarna cerah, dan kombinasi antara garis lurus dan lengkungan yang halus. Hanbok juga tidak memiliki saku. Hanbok terbagi menjadi dua bagian yaitu bagian atas dan bawah. Pakaian bagian disebut 저고리 (jeogori) dan pakain bawah untuk pria adalah celana 바지 (baji), sedangkan untuk wanita adalah rok 치마 (chima).

Hanbok untuk wanita disebut 여자한복 (yeojahanbok / Hanbok wanita), sedangkan untuk pria disebut  남자한복 (namjahanbok / hanbok pria), selain itu ada Hanbok yang praktik disebut 실용한복 (siryonghanbok / hanbok praktis). Pada acara-acara yang lebih formal pria dan wanita Korea memakai jubah 두루마기 (durumagi).

Pemakaian Hanbok

Saat ini Hanbok hanya dipakai pada saat-saat tertentu saja seperti perayaan tahun baru Seollal, perayaan Chuseok dan acara-acara tertentu seperti pernikahan, perayaan pembukaan perusahaan, dan sebagainya. Sedangkan anak-anak Korea pertama kali dikenakan hanbok pada perayaan ulang tahun pertamanya.

Hanbok couple lebih diminati oleh pasangan muda.

Masyarakat Korea modern sekarang ini mengenakan berbagai macam baju diantaranya adalah pakaian sehari-hari (평상복 /phyeongsangbok), pakaian resmi untuk pergi keluar (외출복 / wechulbok), pakaian olah raga (운동복 / undongbok), pakaian kerja (작업복 / jageop bok), dan masih banyak lagi.

Pelajari juga: Kosa kata bahasa Korea Pakaian

Perkembangan Hanbok

Saat ini para pembuat Hanbok telah mengembangkan hanbok versi modern yang lebih praktis sehingga bisa dipakai sehari-sehari. Hanbok versi modern model desain, bahan dan coraknya jauh lebih bervariatif.
Hanbok modern cocok dipakai dalam acara apapun, bahkan ada hanbok yang didesain khusus untuk muslimah.

Harga Hanbok

Harga Hanbok sangat variatif dan relatif tergantung bahan dan desainnya mulai dari 50.000 won sampai dengan jutaan won, hanbok yang dipesan khusus dengan bahan dan desain sesuai keinginan pembeli biasanya jauh lebih mahal.

Di Pasar tradisional harga hanbok untuk anak-anak dibandrol dengan harga 50.000 won - 100.000 won, sedangkan untuk dewasa sekitar 100.000 won sampai 300.000 won. Di pasar loak harga bisa lebih murah lagi. Sedangkan di mall atau department store harga hanbok jauh lebih mahal namun tentu dengan kualitas yang lebih bagus daripada hanbok yang dijual di pasar tradisional apa lagi yang di pasar loak. Hanbok juga banyak di jual secara online melalui marketplace dan sejenisnya.

Saat ini hanbok bukan hanya dijual di Korea saja, banyak negara yang memproduksi dan menjual hanbok di negara mereka sendiri. Termasuk Indonesia, di marketplace Indonesia hanbok dijual mulai dari harga sekitar 150.000 rupiah.

Contoh percakapan bahasa Korea tentang Hanbok

토미: 한복을 어디 사요? 나는 한복을 사고 싶어요
Tomy: hanbogeul ȏdi sayo? naneun hanbogeul sago shiphȏyo
Tomy: Beli hanbok dimana? saya ingin membeli hanbok

대길: 시자에서 살 수 있어요. 아니면 백화점에서 살 수 있어요
Daegil: sijangesȏ sal su issȏyo. Animyȏn baekhwajȏmesȏ sal su issȏyo
Daegil: Bisa beli de pasar. kalau tidak beli di mall

토미: 한복이 얼마예요?
Tomy: Hanbogi ȏlmayeyo?
Tomy: Hanbok berapa harganya?

대길: 싼 한복 있고 비싼 한복도 있어요
Daegil: ssan hanbok itko bissan hanbokdo issȏyo
Daegil: Hanbok yang murah ada dan hanbok yang mahal juga ada

토미: 아... 그래요, 하지만 좋은 한복을 선택하는 방법을 모르겠어요
Tomy: Ah.... keuraeyo. Hajiman joeun hanbogeul sȏntaekhaneun bangbȏbeul moreugessȏyo
Tomy: Oh... begitu. Tapi saya tidak tahu cara memilih Hanbok yang bagus

대길: 그냥 판매자에게 물어봐요
Daegil: Geunyang phanmaejaege murȏbwayo
Daegil: Tanyakan saja kepada penjualnya
대길: 한국 판매자가 정직해요. 걱정하지 마세요
Daegil: han-guk phanmaejaga jȏngjikhaeyo. kȏkjȏnghaji maseyo
Daegil: Pedagang Korea jujur. Jangan khawatir

토미: 네, 알겠어요. 고마워요
Tomy: ne, algessȏyo. Komawoyo
Tomy: Ya, baiklah. terima kasih.

Beberapa tempat wisata di Korea biasanya menyewakan Hanbok untuk turis asing dan menyediakan spot foto dengan memakai hanbok. Termasuk juga di Indonesia beberapa tempat wisata sudah banyak yang menyediakan penyewaan hanbok. Yuk nyobain pakai hanbok apakah kamu akan terlihan lebih cantik atau jauh lebih cantik ☺


by Bumi Korea

Bumi Korea Media online untuk berbagi pengetahuan seputar korea selatan mulai dari bahasa kebudayaan dan hiburan

Follow her @ Instagram | Facebook | Instagram

Tags:

No Comment