Mukbang atau Môkbang/meokbang Mana yang benar? | BumiKorea ㅣBelajar Bahasa Korea untuk Pemula

Mukbang atau Môkbang/meokbang Mana yang benar? Bumi Korea Selasa, 13 Desember 2022 No Comment

 Mukbang atau Môkbang/meokbang Mana yang benar?

Saat ini banyak sekali youtuber atau Vloger dengan tema Mukbang , Môkbang / meokbang. Banyak sekali ya istilahnya yuk kita cari tahu mana istilah yang benar.

Definisi Mukbang , Môkbang / meokbang

Mukbang , Môkbang / meokbang identik  dengan menyantap makanan dalam porsi yang besar atau memakan makanan yang tidak wajar seperti makanan yang sangat pedas dan sebagainya dengan disiarkan langsung atau di upload pada platform media sosial seperti youtube, facebook, instagram dan sejenisnya. 

Lantas apa itu mukbang?, mukbang berasal dari bahasa apa? dan apa arti mukbang?
Mukbang sendiri berasal dari bahasa Korea, dari kata 먹는 방송 (Môkneun bangsong) yang artinya "Siaran makan atau makan yang disiarkan " disingkat menjadi 먹방 (Môkbang).
먹는 berasal dari kata kerja dasar 먹다 (môkta) artinya "makan" dan 방송 (bangsong) artinya "siaran".

Jadi transliterasi dan pengucapan yang benar dari kata 먹방 ke dalam bahasa Indonesia adalah "Môkbang atau meokbang" bukan mukbang. Karena Mukbang adalah transliterasi 먹방 ke dalam bahasa Inggris.

Jadi Môkbang adalah Adalah aktivitas makan yang disirakan secara langsung atau tidak langsung dengan cara di upload ke platform media sosial seperti youtube, facebook, instagram dan sejenisnya.

Môkbang yang di siarkan secara langsung biasanya orang yang melakukan Môkbang tersebut bukan hanya makan tetapi juga mereview makanan tersebut dan berinteraksi langsung dengan penonton.
Sedangkan Môkbang yang tidak disiarkan langsung tetapi video Môkbangnya di upload di platform video dia hanya makan dan mereview makanan saja tetapi tidak bisa berinteraksi langsung dengan penonton. Bahkan ada Môkbang yang hanya makan saja tetapi tidak mereview makanan dan tidak berinteraksi langsung dengan penonton.

Asal-usul Môkbang

Menurut namu wiki Môkbang pertama kali dikenalkan pada acara yang disiarkan oleh AfreecaTV dan MC Taehyeon lah yang pertama membuat istilah Môkbang saat dia memanggang perut babi dan memakannya.

Saat ini Môkbang menjadi sangat populer di seluruh dunia karena banyak sekali konten kreator khusunya konten video dengan tema Môkbang yang tentu saja dengan tujuan untuk menghasilkan uang.

Namun para ahli berpendapat bahwa banyak jumlah orang kesepian di Korea karena tidak memiliki keluarga sehingga mereka makan sendirian. Sedangkan di Korea tidak ada budaya makan sendirian, karena umumnya orang Korea selalu makan dengan keluarga atau dengan teman minimal 2 orang sambil menikmati makanan mereka sambil mengobrol. Untuk memenuhi hasrat makan sambil mengorol dengan orang lain tersebut maka Môkbang dipopulerkan untuk menggantikannya. Sehingga meskipun sedang makan sendirian mereka tetap bisa sambil mengobrol dengan orang lain.

Macam-macam Môkbang

Sekarang ada 3 macam Môkbang yang berkembang di seluruh dunia yaitu

1. Môkbang Komunikasi

Môkbang jenis ini adalah orang yang melakukan Môkbang berkomunikasi dengan penontonnya, mulai dari membahas makanan yang dimakan tersebut atau bahkan obrolannya sama sekali tidak ada hubungannya dengan makanan yang sedang disantap.

2. Môkbang tantangan

Môkbang jenis ini biasanya orang yang melakukan Môkbang menantang diri sendiri atau di tantang orang lain untuk memakan jenis makanan tertentu. Tantangan yang diberikan biasanya sangat ekstrem seperti makan makanan yang sangat pedas, makanan dengan bau yang sangat menyengat, makan dalam porsi yang sangat besar, makanan yang aneh atau susah untuk dimakan, makanan yang sedang tren atau makanan yang belum pernah dimakan. Semakan ektrem makanannya penonton akan semakin penasaran dengan hasil akhirnya.

3. Môkbang Gourmet

Môkbang jenis ini biasanya hanya mencicipi sedikit dan mereview makanan yang dimakan, mulai dari rasa, tekstur, dan harganya. Môkbang tipe gournet ini kebanyakan yang di ulas adalah makan sultan yang porsinya kecil tapi harganya cukup mahal.

Itu dia Môkbang mulai dari asal kata, arti dan pembahasannya.. So mulai sekarang ucapkan dengan benar ya yaitu "Môkbang".

Chingu mau ikutan Môkbang
Yuk cobain rekomendasi makan Korea yang lezat ini
by Bumi Korea

Bumi Korea Media online untuk berbagi pengetahuan seputar korea selatan mulai dari bahasa kebudayaan dan hiburan

Follow her @ Instagram | Facebook | Instagram

No Comment