Barbekyu (BBQ) Ala Korea 고기구이 (gogigui) dan 불구기 (bulgogi) | BumiKorea ㅣBelajar Bahasa Korea untuk Pemula

Barbekyu (BBQ) Ala Korea 고기구이 (gogigui) dan 불구기 (bulgogi) Bumi Korea Kamis, 06 Januari 2022 No Comment

고기구이 (Gogigui) dan 불구기 (Bulgogi) Barbekyu Korea Super Lezat Yuk Cobain...

Ngomongin soal Barbekyu (BBQ) tentu kita sudah tahu dan pernah merasakan kelezatannya. Di Korea BBQ menjadi salah satu menu favorit semua kalangan, ini di buktikan dengan bertebarannya restoran BBQ di seluruh penjuru Korea yang setiap hari ramai dipenuhi oleh pengunjung . BBQ di Korea di kenal dengan sebutan 고기구이 (gogigui) yang artinya "daging panggang".

Barbekyu (BBQ) Korea yang paling populer adalah 불구기 (bulgogi) yang artinya juga "daging panggang",namun daging panggang disini mengacu pada daging sapi panggang yang diiris tipis-tipis. Saking populernya Barbekyu bahkan banyak makanan ringan yang menyediakan varian rasa 불구기 (bulgogi).

Barbekyu (BBQ) Korea biasanya menggunakan daging sapi (소고기 / sogogi), daging babi (돼지 고기 / tweji gogi), daging ayam (닭 고기 / tak gogi), dan daging bebek (오리 고기 / ori gogi). Daging diiris tipis-tipis, direndam terlebih dahulu dengan campuran jahe, nanas, kecap, merica, minyak wijen, bawang putih, daun bawang dan gula agar daging menjadi empuk dan enak, kemudian langsung dipanggang diatas pemanggang yang menggunakan gas atau pemanggang arang (숯불 / sutbul).

Restoran Barbekyu (갈비집 / kalbijip) Korea biasanya menyediakan pemanggang yang sudah terpasang permanen di meja pengunjung, namun ada beberapa restoran yang masih memakai kompor portable.

Cara makan Barbekyu (BBQ) Korea adalah daging yang sudah matang di     cocol dengan sambal ala Korea yang bernama 쌈장 (ssamjang) kemudian dibungkus dengan selada atau daun perilla lalu langsung dimakan saja. Sambal Ssamjang sendiri terbuat dari 된장 (twenjang/toenjang) pasta kacang kedelai dan 고추장 (kochujang) pasta cabai, biasanya juga ditambahkan dengan bawang putih, bawang merah, bawang bombay, dan minyak wijen.

Irisan bawang putih yang dipanggang juga menjadi ciri khas barbekyu (BBQ) Korea, biasa dimakan bersama daging.

Barbekyu (BBQ) Korea nikmat dimakan begitu saja maupun dengan nasi, restoran Barbekyu (BBQ) Korea biasanya menyediakan makanan pendamping seperti nasi, kimchi, salad daun bawang (파절이 / phajeori), dan jamur enoki (팽이 버섯 / phaengi beoseot).

Restoran BBQ menjadi salah satu alternatif untuk makan sambil santai dan berbincang-bincang bersama keluarga, teman, maupun rekan kerja, selain restoran prasmanan (뷔페식당) dan pojangmacha (포장마차). Oh iya di Korea kita hanya membayar daging, nasi dan minuman saja sedangkan lalapan dan sambalnya biasanya gratis bisa ambil sepuasnya.

Saat ini restoran barbekyu Korea (한식 고기구이 레스토랑 / hansik gogigui reseutorang) sudah ada di Kota-kota besar di Indonesia, yuk cobain kelezatannya..
by Bumi Korea

Bumi Korea Media online untuk berbagi pengetahuan seputar korea selatan mulai dari bahasa kebudayaan dan hiburan

Follow her @ Instagram | Facebook | Instagram

Tags:

No Comment