Rekomendasi Masakan / Makanan Korea Lezat | BumiKorea ㅣBelajar Bahasa Korea untuk Pemula

Rekomendasi Masakan / Makanan Korea Lezat Bumi Korea Senin, 10 Januari 2022 No Comment

 Rekomendasi Masakan / Makanan Korea Lezat Yang Dijamin Cocok Dengan Lidah Orang Indonesia

Setiap wilayah maupun negara memiliki makanan atau masakan yang khas dengan bumbu, resep, dan metode memasak yang berbeda antara wilayah satu dengan wilayah yang lainnya,sehingga menghasilkan cita rasa yang khas dengan daerah tersebut.

Begitu juga dengan Korea tentunya memiliki banyak makanan yang khas. Bahkan beberapa masakan khas Korea sangat terkenal di Dunia. Namun tidak semua makanan khas Korea tersebut cocok dilidah orang Indonesia, karena beda bumbu dan metode memasaknya beberapa masakan Korea akan terasa aneh dilidah orang Indonesia, harus sering makan masakan tersebut terlebih dahulu untuk menyesuaikan, baru kemudian akan menjadi suka. Seperti penulis sendiri butuh waktu satu tahun untuk suka kimchi, awal-awal makan kimchi gak suka tapi lama-kelamaan jadi suka.

Akan tetapi banyak juga masakan/makanan Korea yang bukan hanya lezat bagi orang Korea saja tetapi juga lezat dan cocok bagi lidah orang Indonesia. Oleh karena itu kami rekomendasikan makanan Korea lezat yang dijamin cocok dengan lidah orang Indonesia

Makanan /masakan dalam bahasa Korea adalah 은식 (eumsik), biasanya dijual direstoran (식당 / siktang). Restoran-restoran Korea tidak menyajikan makanan yang sudah matang, biasanya baru dimasak kalau ada pengunjung yang datang dan memesan makanan, kecuali restoran model prasmanan baru menyajikan makanan yang sudah siap disantap.

Masakan Korea bisa dimakan begitu saja maupun untuk lauk (반찬 / banchan).

Berikut adalah masakan-masakan Korea yang lezat dan cocok di lidah orang Indonesia yang kami rekomendasikan


Masakan Korea Jenis Sup

1. Kalbitang (갈비탕)



갈비 (kalbi) adalah iga dan 탕 (tang) artinya sup. Kalbitang (갈비탕) adalah sup iga. Iga dipotong kecil-kecil  yang panjangnya sekitar seukuran jari telunjuk direbus hingga menghasilkan kaldu kemudian diberi daun bawang yang dicincang potongan kecil-kecil dan bihun serta 주주베 (jujube) buah yang mirip kurma yang biasa digunakan dalam berbagai macam masakan Korea.

Kalbitang (갈비탕) yang menggunakan iga ukurang besar biasanya disebut Wang kalbitang (왕갈비탕). Kalbitang disajikan dalam mangkuk keramik khas Korea yang khusus untuk menyajikan hidangan panas bernama 뚝배기 (ttukpaegi) agar panasnya bisa bertahan lama.  Iga yang biasa digunakan adalah iga sapi atau iga babi. Yang menggunakan iga sapi disebut Sokalbitang (소갈비탕) dan yang menggunakan iga babi disebut Twejikalbitang(돼지갈비탕).


2. Naejangtang (내장탕)



Naejangtang adalah sup jeroan atau organ dalam seperti usus dan lain-lain. Jeroan yang digunakan untuk membuat naejangtang (내장탕) adalah jeroan sapi. Jeroan sapi serta sedikit daging direbus kemudian diberi irisan lobak putih, daun bawang, bawang bombay, dan cabai. Sama seperti kalbitang, neajangtang juga dihidangkan dalam 뚝배기 (ttukpaegi) agar panasnya lebih awet. Naejangtang (내장탕) adalah salah satu menu favorit penulis nih yuk cobain, kamu juga pasti suka...

3. Samgyetang (삼계탕)



Samgyetang adalah sup ayam ginseng. Seekor ayam dalam keadaan utuh hanya dibuang kepala, bulu, dan kakinya saja, isi perutnya dibuang dan diisi dengan beras ketan kemudian direbus bersama dengan ramuan herbal yang dipercaya bermanfaat bagi kesehatan seperti ginseng, jahe, 주주베 (jujube) kering, bawang putih, daun bawang, kastanye, kacang cemara dan tanaman herbal lainnya tergantung pada resep masing-masih restoran / keluarga. 

Samgyetang direbus dalam waktu yang cukup lama agar dagingnya empuk dan mudah terlepas dengan tulangnya. Sama seperti masakan korea jenis sup lainnya samgyetang disajikan dalam 뚝배기 (ttukpaegi) agar panasnya bisa bertahan lama. Satu mangkuk ttukpaegi samgyetang untuk dimakan satu orang.

Samgyetang bukan hanya rasanya yang lezat tetapi juga dipercaya oleh masyarakat Korea bisa mencegah dan mengobati penyakit. Mari kita cobaaaa....


4. Maeuntang (매운탕)



Secara harfiah maeuntang (매운탕) artinya "Sup pedas". Namun yang dimaksud maeuntang (매운탕) atau sup pedas disini adalah sup ikan pedas masakan khas Korea. Yang unik dari restoran yang menjual menu maeuntang (매운탕) adalah pembeli bisa memilih langsung ikan yang akan dimasak menjadi sup ikan pedas, ikan tersebut dalam keadaan hidup yang ditempatkan dalam akuarium yang disediakan.

Kemudian ikan direbus bersama dengan bahan-bahan lain seperti, tahu, lobak, daun bawang, bawang bombay,cabai,  cabai bubuk, pasta cabai dan lain-lain.

Selain masakan jenis 탕 (tang) atau sup yang sudah disebutkan diatas masih banyak lagi yang lainnya yang kami rekomendasikan seperti sup kepiting 꽃게탕 (kkotgetang), sup tulang sapi 설렁탕 (seolleongtang), 


5. Kimchi jjigae /ccigae (김치 찌개)



Kimchi (김치) adalah makanan fermentasi dan  jjigae (찌개) artinya sup atau rebusan dalam panci. 김치 찌개 (kimchi jjigae)adalah sup kimchi yang dicampur dengan sawi putih, lobak, tahu yang lembut, daun bawang, bawang bombay dan, daging babi. Bagi yang muslim tenang saja ada  sup kimchi ini yang menggunakan ikan tuna, yang memakai ikan tuna disebut dengan 참치 김치 찌개 (chamchi kimchi jjigae).

Kimchi jjigae memiliki cita rasa asam pedas, rasa asam yang bersumber dari kimchi dan pedasnya dari pasta cabai (고추장 / kochujang) dan cabai bubuk (고춧가루 / kochutkaru). Sedangkan air supnya biasanya terbuat dari kaldu ikan teri kering, rumput laut dan beberapa sayuran. Kimchi jjigae biasanya disajikan dengan pancinya.

Selain masakan jenis 찌개 (jjigae) atau rebusan diatas masih masih ada yang lainnya seperti sup tahu 순두부 찌개 (sundubu jjigae) dan sup kacang kedelai / tauco 된장 찌개 (twenjang jjigae)

Dan ada jenis sup lainnya yang disebut 국 (kuk) seperti sup tauge 콩나물국 (khongnamulkuk), sup rumput laut 미역국 (miyeokkuk), sup kue beras 떡국 (tteokkuk), sup pangsit 만둣국 (mandutkuk) dan 해장국 (haejangkuk).

6. Yukkaejang (육개장)

Yukkkaejang adalah sup daging sapi dengan campuran daun bawang, kecambah,  고사리 (gosari) atau tumbuhan pakis, dan bahan serta bumbu lain. Sama seperti sup lainnya yukkaejang juga memiliki cita rasa pedas khas Korea yang berasal dari bubuk cabai, dan pasta cabai. Daging sapi dalam yukkaejang yang biasa digunakan adalah bagian dada bawah atau yang disebut dengan sandung lamur.

Sedangkan yang menggunakan daging ayam disebut Takkaejang (닭개장) 

Bersambung gaess...

죽 Bubur
닭죽 bubur ayam
전복죽 bubur abalon (jenis kerang)
호박죽 bubur labu
멸치 볶음 ikan teri goreng
낙지 볶음 gurita goreng
오징어 볶음 cumi-cumi goreng
꼼장어 볶음 belut goreng


by Bumi Korea

Bumi Korea Media online untuk berbagi pengetahuan seputar korea selatan mulai dari bahasa kebudayaan dan hiburan

Follow her @ Instagram | Facebook | Instagram

Tags:

No Comment