PENTING!!! 6 KEBIASAAN ORANG KOREA YANG WAJIB KAMU TAHU, SEBELUM BERWISATA KE SANA. | BumiKorea ㅣBelajar Bahasa Korea untuk Pemula

PENTING!!! 6 KEBIASAAN ORANG KOREA YANG WAJIB KAMU TAHU, SEBELUM BERWISATA KE SANA. Bumi Korea Sabtu, 06 November 2021 No Comment

 PENTING!!! 6 KEBIASAAN ORANG KOREA YANG WAJIB KAMU TAHU, SEBELUM BERWISATA KE SANA.

Istana gyeongbokgung (salah satu destinasi wisata Korea Selatan) Photo by Bumi Korea


Setiap masyarakat dalam sautu negara memiliki kebiasaan, budaya, adab atau tata krama yang berbeda-beda, suatu hal yang dinilai wajar oleh masyarakat di suatu negara belum tentu menjadi hal yang wajar di negara lainnya. Begitupun dengan negara Indonesia dan Korea Selatan, hal yang wajar dilakukan di Indonesia belum tentu menjadi hal yang wajar dilakukan di Korea Selatan. Berikut 6 kebiasaan orang Korea yang wajib kamu tahu, sebelum kamu berwisata ke sana.


1. Salam & Cara Menyapa

Membungkuk adalah cara tradisional orang Korea dalam menyapa yang sampai sekarang masih diterapkan karena membungkuk dalam saat menyapa atau mengucapkan salam merupakan adab atau sopan santun dalam berbagai macam situasi termasuk menyapa. Minimal kamu harus membungkuk 45⁰ saat menyapa atau mengucapkan salam. 

Jabat tangan juga sering dilakukan oleh pria. Tangan kiri kamu harus menopang lengan kanan mu saat berjabat tangan. Sementara untuk wanita Korea tidak selalu berjabat tangan namun sering membungkuk.


2. Gaya Bicara

Berbicara bisa menjadi susah di Korea Selatan karena mereka tidak suka mengatakan 'tidak'. Mengatakan “tidak” dianggap suatu hal yang tidak sopan. Bila ingin menolak, tolaklah dengan cara halus. Bahasa tubuh yang baik dan bahasa yang sopan sangat bermanfaat dalam komunikasi, usahakan menggunakan bahasa formal atau bahasa informal juga boleh sangat tidak sopan jika kita berbicara dengan orang yang baru kenal atau orang yang lebih tua menggunakan bahasa banmal/bahasa kasar. Kesabaran dan kesopanan harus dikedepankan. Jangan menggunakan bahasa tubuh yang berlebihan atau tidak sopan.


3. Privasi

Merupakan penghinaan bagi orang  Korea, jika disentuh oleh seseorang yang tidak dikenal. Jangan menepuk pundak mereka atau memeluk mereka. Kontak mata yang lama dan langsung dapat menjadi suatu hal yang tidak sopan, terutama ketika berhadapan dengan orang lain yang memiliki kedudukan sosial yang lebih tinggi atau umur yang lebih tua.


4. Etika Dalam Memberi Hadiah

Orang Korea adalah orang yang senang memberi hadiah. Terima hadiah dengan kedua tangan, tapi jangan langsung membuka hadiah, tunggu sampai pemberi hadiah itu pergi. Jika kamu ingin memberi hadiah kepada orang Korea, pastikan untuk membungkus dengan cara yang menarik. Hindari menggunakan pembungkus dengan warna gelap terutama merah. Jika diundang ke rumah orang Korea bawalah hadiah untuk tuan rumahnya. Jangan memberikan hadiah yang terlalu mahal karena orang Korea merasa berhutang budi pada saat mereka menerimanya.


5. Etika memberi dan menerima sesuatu

Saat kamu memberikan sesuatu kepada orang Korea maupun menerima sesuatu dari orang Korea, ada adab yang perlu kamu perhatikan yakni memberi dan menerima dengan kedua tangan, minimal tangan kiri menopang lengan tangan kanan, dan jangan lupa ucapkan terimakasih jika kamu menerima pemberian dari orang Korea. Jika kamu memberi ataupun menerima sesuatu hanya dengan satu tangan maka kamu akan dianggap tidak sopan.


6. Bertamu

Selalu lepaskan alas kaki kamu sebelum memasuki rumah orang Korea. Usahakan untuk tidak datang terlambat, karena orang Korea menjunjung tinggi kedisiplinan waktu. Diundang ke rumah orang Korea dianggap suatu kehormatan, terutama jika itu untuk makan-makan. Sehingga penting, untuk memperlakukannya dengan cara yang sama. Bersikap sopan, hormat dan hargailah kebiasaan mereka. Bawalah hadiah untuk membalas kebaikan dari orang yang mengundang kamu.


Pelajari juga: Kuasai ini agar tidak tersesat di Korea

Itulah 6 kebiasaan orang Korea yang wajib kamu tau sebelum berwisata ke sana. Ada peribahasa mengatakan  "Dimana bumi ku pijak, di situ langit ku junjung" jangan sampai karena ketidak tahuan kamu, menjadi suatu hal yang tidak berkenan bagi orang-orang Korea di sana ya gaes ^_^

by Bumi Korea

Bumi Korea Media online untuk berbagi pengetahuan seputar korea selatan mulai dari bahasa kebudayaan dan hiburan

Follow her @ Instagram | Facebook | Instagram

No Comment