Jenis-jenis Ginseng Korea serta manfaat dan harganya | BumiKorea ㅣBelajar Bahasa Korea untuk Pemula

Jenis-jenis Ginseng Korea serta manfaat dan harganya Bumi Korea Selasa, 12 Mei 2020 No Comment

Mengenal jenis-jenis ginseng Korea serta manfaat dan harganya

Ginseng Korea (insamju & sansamju)

Sejak dulu Korea dikenal dengan sebutan "Negeri Ginseng". Julukan Negeri Ginseng untuk Korea ini sudah mendunia, karena memang Korea adalah Negeri penghasil ginseng kualitas terbaik dunia dengan kandungan saponin tertinggi yakni 37 saponin sedangkan ginseng dari negari lain hanya sekitar 15 saponin. Di Korea berbagai macam jenis ginseng tumbuh subur.

Jenis-jenis Ginseng Korea

1. 인삼 (insam)

Insam adalah sebutan untuk Ginseng Korea. Insam adalah jenis ginseng yang paling banyak di Korea, karena insam dibudidayakan secara luas oleh petani ginseng di Korea. Waktu terbaik untuk memanen ginseng adalah saat tanaman ginseng berumur 6 tahun karena jika usia tanaman lebih dari 6 tahun maka secara alami ginseng akan mengembalikan nutrisi ke tanah.

Pemerintah Korea menetapkan standar mutu yang tinggi terhadap budidaya insam dan mengontrolnya dengan serius. Insam harus ditanam pada tanah yang sangat subur dan tidak boleh terkena sinar matahari langsung. Dan tanah yang sudah pernah ditanami ginseng tidak boleh ditanamami lagi.

2. 산삼 (sansam)

Sansam secara harfiah berarti "ginseng gunung". Sansam adalah ginseng liar yang tumbuh secara alami di daerah gunung atau di hutan pegunungan. Sansam memiliki populasi yang kecil dan pertumbuhannya sangat lambat. Penyebaran sansam biasanya dibantu oleh burung yang memakan biji ginseng kemudian kotorannya jatuh ketanah dan tumbuh menjadi tanaman ginseng.

Ginseng gunung dapat diproses menjadi ginseng merah atau ginseng putih. Pencari ginseng gunung disebut dengan 심마니 (simmani) atau 채삼꾼 (chaesamkkun).

3. 장뇌삼 (jangnoesam)

Jangnoesam adalah ginseng hasil budidaya liar. Ginseng ini ditanam oleh manusia di pegunungan atau di hutan kemudian dibiarkan begitu saja agar tumbuh secara alami seperti sansam.

4. 수삼 (susam)

Susam adalah sebutan untuk ginseng segar atau ginseng hijau. Susam merujuk pada ginseng yang baru dipanen dan belum diproses. Ketersedian susam terbatas karena setelah panen ginseng tidak bisa di biarkan begitu saja dalam waktu yang lama.

5. 태극삼 (Thaegeuksam)

Thaegeuksam adalah ginseng yang dibuat dengan cara direbus dalam air mendidih dan dikeringkan.

6. 백삼 (Baeksam)

Baeksam adalah ginseng putih. Baeksam adalah ginseng segar yang dikupas dan dikeringkan tanpa pemanasan. Setelah dikupas Baeksam dikeringkan dengan udara dan dibawah sinar matahari sehingga warnanya berubah menjadi putih.

7. 홍삼 (hongsam)

Hongsam adalah ginseng merah. Hongsam / ginseng merah dihasilkan dengan cara mengupas ginseng yang masih segar kemudian dipanaskan dengan dikukus pada suhu tinggi yakni sekitar 100°C, setelah itu dikeringkan dengan cara dijemur sehingga warna ginseng menjadi kemerahan.

8. 흑삼 (heuksam)

Heuksam adalah ginseng hitam. Haeuksam dihasilkan dengan cara mengukus dan mengeringkan baeksam atau hongsam beberapa kali sehingga warnanya menjadi hitam. Ginseng hitam diklaim lebih unggul dari ginseng putih dan ginseng merah.

dan masih banyak sebutan-sebutan lainnya untuk ginseng Korea berdasarkan proses pengolahan, dan bentuknya.

Harga Ginseng Korea

Harga ginseng Korea beragam bergantung pada kualitas, ukuran, dan keunikan bentuknya. Untuk klasifikasi kualitasnya sendiri ada tiga tingkatan yaitu Kualitas Biasa, Bumi, dan Surga.Ginseng insam yang masih segar tingkatan biasa harganya sekitar 50.000 won-100.000 won per kilo gram bergantung ukurannya semakin besar semakin mahal.

Sedangkan sansam / ginseng gunung harganya lebih mahal dari ginseng budidaya / insam, karena sansam sulit dicari dan ketersediaannya terbatas.

Baik ginseng insam maupun sansam jika bentuknya unik menyerupai manusia harganya jauh lebih mahal. Sedangkan ginseng dengan kualitas surga tidak boleh diekspor biasanya untuk hadiah diplomatik negara-negara sahabat.

Hiasan Ginseng Korea

인삼주 (insamju) adalah Minuman keras ginseng. Insamju adalah ginseng segar yang dimasukkan kedalam botoh cantik kemudian dikasih minuman keras atau arak. Jenis minuman keras yang paling banyak digunakan untuk merendam ginseng adalah 담금주 (Tamgeumju / tanggeumju) karena tanggeumju minuman keras beralkohol tinggi dibuat dengan menambahkan buah-buahan,obat-obatan, rempah-rempah, dan serangga. Bisa juga menggunakan jenis minuman keras lainnya seperti 소주 (soju).

산삼주 (sansamju) adalah Minuman keras ginseng gunung. Sansamju sama seperti insamju perbedaannya ada pada ginseng yang digunakan sansamju menggunakan ginseng gunung/ginseng liar.

Insamju maupun sansamju biasanya digunakan untuk hiasan rumah yang di pajang di ruang tamu, ruang keluarga maupun kamar tidur karena tampilannya yang sangat cantik dan unik. Harganya mulai 20.000 won sampai jutaan won tergantung dari banyaknya ginseng, ukuran dan kualitas ginseng serta botol yang digunakan. 

Insamju atau sansamju yang usia rendamannya sudah lama harganya jauh lebih mahal lagi. Karena arak yang digunakan untuk merendam giseng dalam jangka waktu yang sangat lama dipercaya memiliki banyak khasiat untuk kesehatan, kebugaran dan kekuatan fisik.

Anda bisa membeli hiasan ginseng tersebut di toko khusus yang menjual ginseng, atau bisa membuatnya sendiri dengan cara membeli ginsengnya terlebih dahulu, kemudian beli botol yang bentuknya sesuai selera, masukan ginseng kedalam botol dan terakhir isi botol dengan air 담금주 (Tamgeumju).

Manfaat Ginseng Korea

Ginseng adalah salah satu jenis tanaman herbal yang akarnya memiliki banyak manfaat. Banyak pengobatan tradisional Korea yang menggunakan ginseng, karena ginseng memiliki manfaat penambah stamina, memperbaiki aliran darah, meningkatkan  produksi sel darah merah, melawan kanker, mempercepat pemulihan dari penyakit, mencegah pikun, melawan penyakit, dan sebagai anti aging.

Saat ini ginseng banyak diolah menjadi berbagai macam produk seperti, produk kesehatan dan makanan.

Makanan dan produk kesehatan yang menggunakan ginseng

Ginseng Korea dapat dikonsumsi dengan berbagai bentuk olahan seperti makanan, minuman, permen, kopi, pil/kapsul. jelly dan lain-lain seperti berikut:

인삼튀김 (insam thwigim)
Ginseng goreng
삼계탕 (samgyethang / sanggyethang)
Sup ayam ginseng
인삼차 (insam cha)
Teh ginseng
인삼 사탕 (insam sathang)
Permen ginseng
인삼 커피 (insam kheopi)
Kopi ginseng
인삼 젤리 (insam jelli)
Jelly ginseng
인삼 캡슐 (insam khaepsyul)
Kapsul ginseng
인삼 분말 (insam bunmal)
Ginseng bubuk

Bahasa Korea yang berkaitan dengan Ginseng

인삼을 어디 살 수 있어요?
Insameul ȏdi sal su issȏyo?
Dimana saya bisa membeli ginseng?

시장에서 인삼을 살 수 있어요
Sijangesȏ insameul sal su issȏyo
Kamu bisa membeli ginseng di Pasar

이 인삼은 얼마예요?
I insameun ȏlmayeyo?
Berapa harga ginseng ini?

산삼을 찾읍시다
Sansameul chajeupsida
Mari kita mencari ginseng gunung

산삼을 찾으러 산으로 갑시다
Sansameul chajeurȏ saneuro kapsida
Mari kita pergi ke gunung untuk mencari ginseng gunung

인삼주를 어떻게 만들어요?
Insamjureul ȏttȏke mandeurȏyo?
Bagaimana cara membuat arak ginseng?

수삼하고 담금주하고 인삼주 병을 사야 돼요
Susamhago tanggeumjuhago insamju byȏngeul saya dweyo
Harus membeli ginseng segar, arak buah, dan botol arak ginseng

인삼주는 너무 이뻐요
Insamjuneun nȏmu ippȏyo
Arak ginseng sangat cantik

Itulah macam-macam ginseng Korea, manfaat serta produk olahan dari genseng Korea. Jika anda berkunjung ke Korea jangan lupa untuk membeli oleh-oleh ginseng.

by Bumi Korea

Bumi Korea Media online untuk berbagi pengetahuan seputar korea selatan mulai dari bahasa kebudayaan dan hiburan

Follow her @ Instagram | Facebook | Instagram

No Comment