Peringatan Hari Besar Nasional Korea | BumiKorea ㅣBelajar Bahasa Korea untuk Pemula

Peringatan Hari Besar Nasional Korea Bumi Korea Minggu, 16 Juni 2024 No Comment

 Ini hari-hari besar nasional Korea yang cocok buat waktu liburan

Sama seperti Indonesia Korea Selatan juga memiliki Peringatan Hari Besar Nasional (PHBN) yang selalu diperingati dan dirayakan oleh pemerintah dan rakyatnya. Setiap hari besar nasional dalam 'kalender' atau 달력 (tallyeok) ditandai dengan tanggal merah dalam bahasa Korea disebut dengan 공휴일 (gonghyuil).

Berikut adalah hari-hari besar nasional Korea Selaltan yang wajib kamu ketahui

  1. 추석 (chuseok) adalah ari raya musim panen atau festival panen raya. Chuseok dirayakan pada hari ke-15 bulan Agustus dalam sistem kalender lunar. sebelumnya chuseok dikenal dengan 한가위 (hangawi). 
  2. 설날 (seollal) adalah tahun baru Korea. Seollal jatuh pada tanggal yang sama dengan Imlek / 구정 (gujeong)
  3. 새해 첫날 (saehae cheotnal) adalah hari tahun baru internasional yang jatuh pada setiap tanggal 1 Januari. Biasa disebut 'tahun baru' 새해 (saehae
  4. 대보름 (daeboreum) perayaan bulan purnama pertama dalam sistem kelender lunar. Dirayakan pada tanggal 15 bulan pertama kalender lunar.
  5. 광복절 (gwangbokjeol) adalah hari kemerdekaan Korea / hari pembebasan Korea. Untuk memperingati kemerdekaan Korea dari Jepang. Gwangbokjeol diperingati setiap tanggal 15 Agustus.
  6. 삼일절 (samiljeol) adalah hari gerakan kemerdekaan yang jatuh pada tanggal 1 Maret, untuk memperingati gerakan kemerdekaan pada 1 Maret 1919.
  7. 한글날 (hangeulnal) adalah hari hangeul. Untuk memperingati hari hangeul pada 9 Oktober 1446, dan diperingati setiap tanggal 9 Oktober. Sedangkan di Korea Utara diperingati pada 15 Januari.
  8. 제헌절 (jeheonjeol) adalah peringatan hari undang-undang konstitusi atau hari proklamasi konstitusi. Diperingati setiap 17 Juli untuk memperingati berlakunya undang-undang konstitusi Korea pada 17 Juli 1048
  9. 개천절 (gaecheonjeol) adalah hari kelahiran bangsa, diperingati pada tanggal 3 Oktober untuk memperingati lahirnya kerajaan pertama Korea yakni Gojoseon pada tanggal 3 Oktober 2333 SM.
  10. 석가탄시밀 (seokkathansimil) adalah hari ulang tahun Buddha yang dirayakan pada tanggal 8 bulan April kalender lunar, untuk memperingati hari lahir Buddha. Seokkathansimil disebut juga 부처님 오신 날 (bucheonim osin nal) yang maknanya "hari ketika sang Buddha datang".
  11. 현충일 (hyeonchungil) adalah hari peringatan yang diperingati setiap tanggal 6 Juni untuk memperingati warga Korea yang gugur saat mengabdi untuk Korea.
  12. 어린이날 (eorininal) adalah hari anak-anak yang diperingati setiap tanggal 5 Mei.
  13. 성탄절 (seongtanjeol) adalah hari Natal yang diperingati pada 25 Desember. Seongtanjeol sering disebut juga 크리스마스 (keriseumaseu)
Peringatan-peringatan hari besar tersebut ditetapkan sebagai hari libur nasional kecuali hari undang-undang konstitusi.

Saat ini pemerintah Korea Selatan belum menetapkan Peringatan Hari Besar Islam sebagai libur nasional dikarenakan pemeluk agama Islam di Korea masih sangat sedikit. Meskipun begitu umat Islam masih tetap bisa melaksanakan shalat idul Fitri dan idul Adha dilapangan atau di taman kota yang di hadiri oleh muslim lokal maupun muslim mancanegara yang sedang berada di Korea.

Selain itu ada peringatan-peringatan hari lain yang meskipun tidak termasuk dalam libur nasional tapi masyarakat Korea banyak yang memperingati atau merayakannya seperti;

스승의날 (seuseungenal) Hari Guru pada 15 Mei
발렌타인 데이 (pallentain dei) Hari valentin pada 14 Februari
할로윈 (hallowin) Hallowin pada 31 Oktober
근로자의날 (Keullojaenal) Hari buruh pada 1 Mei
어버이날 (eobeoinal) Hari orangtua pada 8 Mei

Secara umum hari besar nasional Korea dibagi menjadi tiga macam yaitu;
국기게양일 (gukki geyangil)  Hari pengibaran bendera
국경일 (gukkyeongil) Hari perayaan nasional
공휴일 (gonghyuil) Hari libur resmi/nasional

Dan yang pasti masyarakat Korea rutin memperingati dan merayakan "hari ulang tahun" 생일 (saengil). Uniknya di Korea bayi yang beru lahir usianya sudah dihitung 1 tahun lho...

Nah itulah peringatan atau perayaan hari besar nasional Korea Selatan yang rutin diperingati setiap tahun dan ditetapkan sebagai hari libur nasional. Jadi kalau mau liburan ke Korea bisa jadi pilihan waktu liburan tuh biar makin seru..
by Bumi Korea

Bumi Korea Media online untuk berbagi pengetahuan seputar korea selatan mulai dari bahasa kebudayaan dan hiburan

Follow her @ Instagram | Facebook | Instagram

No Comment