EPS-TOPIK Program G to G Korea dan Proses Kerja di Korea | BumiKorea ㅣBelajar Bahasa Korea untuk Pemula

EPS-TOPIK Program G to G Korea dan Proses Kerja di Korea Bumi Korea Minggu, 15 Oktober 2023 No Comment

Apa itu EPS-TOPIK Program G to G Korea dan Bagaimana Proses Kerja di Korea Selatan

Sebelumnya sudah kami jelaskan tentang Test of Proficiency in Korean (TOPIK), lantas apakah sama dengan Employment Permit System-Test of Proficiency in Korean (EPS-TOPIK)? Sebenarnya EPS-TOPIK lebih populer dan lebih banyak peminatnya dibanding dengan TOPIK, namun karena masih banyak juga yang belum tahu apa itu EPS-TOPIK, so melalui artikel ini kami share terkait EPS-TOPIK selengkap mungkin.

EPS-TOPIK erat kaitannya dengan Program G to G Korea, oleh karean itu jika kamu ingin tahu bagaimana prosesnya untuk bekerja di Korea, maka informasi ini sangat penting untuk kamu baca.

Dari segi tujuan baik TOPIK dan EPS-TOPIK memiliki tujuan yang sama yakni ujian bahasa Korea untuk mengetahui sejauh mana penguasaan bahasa Korea orang asing atau non penutur asli bahasa Korea. Namun peruntukkannya berbeda, TOPIK untuk calon pelajar/maha siswa yang ingin kuliah di Korea Selatan atau calon pekerja profesional yang ingin bekerja di Korea Selatan, sedangkan EPS-TOPIK untuk calon tenaga kerja asing yang ingin bekerja di Korea Selatan di sektor manufaktur, kontruksi, perikanan dan pertanian/perkebunan melalui program kerja sama antar pemerintah Korea Selatan dengan negara asal calon tenaga asing tersebut.

Jadi intinya EPS-TOPIK singkatan dari Employment Permit System-Test of Proficiency in Korean adalah sebuah tes yang ditujukan untuk mengukur kemampuan bahasa Korea bagi calon tenaga kerja asing yang ingin bekerja di Korea Selatan melalui Program G to G (Government to Government).

EPS- TOPIK sebelumnya bernama KLT (Korean Language test) dan berubah menjadi KLPT (Korean Language Proficiency in Korean) kemudian berubah lagi menjadi EPS-TOPIK hingga sekarang.

Hanya warga negara asing dari negara-negara yang sudah menjadi mitra pemerintah Korea saja yang bisa mendaftar dan mengikuti EPS-TOPIK, kerjasama sektor ketenaga kerjaan tersebut terjalin dalam program Government to Government Korea yang sekarang populer dengan sebutan G to G Korea.

Program G to G  pemerintah Indonesia ini sebenarnya bukan hanya menjalin kerja sama dalam bidang ketenagakerjaan dengan pemerintah Korea Selatan saja namun juga dengan pemerintah Jepang dan Jerman.

Employment Permit System (EPS) adalah sistem izin kerja yang diatur dan dikelola oleh Pemerintah Korea Selatan untuk mempekerjakan tenaga kerja asing dalam sektor industri tertentu di negara tersebut. Dalam peraturan sistem izin kerja tersebut calon tenaga kerja asing wajib mengikuti tes kecakapan bahasa Korea (Test of Proficiency in Korean)  yang dikenal dengan Employment Permit System-Test of Proficiency in Korean (EPS-TOPIK). Sehingga EPS-TOPIK merupakan salah satu persyaratan yang harus dipenuhi oleh calon tenaga kerja asing agar dapat memperoleh kesempatan bekerja di Korea Selatan.

Penyelenggara resmi EPS-TOPIK

EPS-TOPIK diselenggarakan oleh pemerintah Korea langsung melalui suatu lembaga yang disebut 노동부 (nodongbu) atau Kementerian Tenaga Kerja Korea. Kita bisa mengakses informasi Employment Permit System (EPS) melalui itus web resmi Pemerintah Korea Selatan di https://www.eps.go.kr/.

Sedangkan lembaga resmi pemerintah Indonesia yang memfasilitasi program G to G Korea ini dulunya bernama Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) sekarang berganti nama menjadi Badan Pelindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI). Untuk mengakses semua informasi G to G Korea yang resmi dari mulai persyaratan, pendaftaran, pelaksanaan, pengumuman kelulusan, pengiriman data ke Korea, informasi penerbitan Standard Labor Contract (SLC), panggilan preliminary training dan panggilan pemberangkatan ke Korea kita bisa mengunjungi situs web resmi BP2MI di alamat https://bp2mi.go.id/.

Penting:
  • Penempatan Pekerja Migran Indonesia (PMI) ke Korea Selatan hanya melalui program G to G Korea diproses langsung oleh pemerintah tanpa perantara PT/agen/lembaga swasta.
  • Pengecualian, PT/agen/lembaga swasta hanya memfasilitasi penempatan Pekerja Migran Indonesia (PMI) sektor penangkapan ikan lepas pantai tidak bisa di sektor manufaktur, pertanian dan prikanan dan kontruksi.
Untuk informasi kerja luar negeri baik di Korea Selatan maupun negara lainnya di berbagai sektor pekerjaan silakan akses situs web resmi pemerintah Sistem Komputerisasi Pelindungan Pekerja Migran Indonesia(SISKO P2MI) di alamat https://siskop2mi.bp2mi.go.id/.

Sektor Pekerjaan EPS-TOPIK

Sebelumnya sempat ada sektor perhotelan di program G to G Korea, kemudian ada 4 sektor yakni Manukfaktur, Perikanan, Kontruksi dan Pertanian. Meskipun begitu EPS-TOPIK yang paling banyak diadakan adalah untuk sektor Manufaktur dan perikanan, biasanya setiap tahun selalu ada. Dan yang terbaru ada sektor khusus yakni industri shipbuilding atau pembuatan kapal.
Manufaktur
Di sektor manufaktur PMI akan ditempatkan di berbagai industri seperti industri tekstil, industri peleburan baja/besi, industri elektronik, industri makanan, industri kosmetik, dan lain-lain.

Kontruksi
Di sektor kontruksi PMI akan di tempatkan di proyek pemerintah maupun swasta seperti pembangunan apartemen, jalan raya, dan lain-lain.

Pertanian
Di sektor pertanian PMI akan ditempatkan di berbagai bidang pertanian seperti: sawah, kebun buah-buahan, ladang sayur mayur, dan lain-lain.

Perikanan
Pada sektor ini PMI akan ditempatkan di penangkapan ikan dekat pantai, budidaya rumput laut, tambak ikan darat, tambak ikan apung dan lain-lain.

Industri Shipbuildin
Pada sektor ini ada beberapa bidang pekerjaan yang berhubungan dengan pembuatan kapal diantaranya adalah:
  1. Welding: Pengelasan (las)
  2. Grinder:  Menghaluskan area yang tidak sama dari permukaan las sebelum di cat (gerinda)
  3. Scaffold: Pemasangan, pelepasan dan mengklasifikasi scaffolding untuk pekerjaan di tempat tinggi
  4. Insulation: Pemasangan pipa dan bahan insulasi struktural untuk pelindungan pada kondisi dingin maupun zona dan cairan suhu tinggi
  5. Piping machinery joinery electric cabling: Memasang berbagai mesin dan perlatan untuk kapal, menata kabel listrik untuk disambungkan dengan peralaan listrik
  6. Other manufacturing etc.-related to the shipbuilding industry: Manufaktur lain terkait dengan produksi pembuatan galangan kapal

Persyaratan Umum Pendaftaran

Berikut adalah persyaratan umum untuk mendaftarkan EPS-TOPIK
  • Usia minimal 18 tahun dan maksimal 39 tahun saat mendaftar
  • Pendidikan minimal SLTP atau sederajat
  • Tidak buta warna parsial maupun total dibuktikan dengan surat keterangan dokter
  • Tidak memiliki cacat jari tangan dan kaki atau amputasi
  • Tidak sedang dicekal bepergian ke Luar Negeri.
  • Belum pernah dihukum penjara atau hukuman yang lebih berat.
  • Tidak memiliki catatan deportasi atau keberangkatan dari Pemerintah Republik Korea.
  • Tidak memiliki riwayat penyakit Tuberculosis (TBC), Hepatitis, Syphilis, HIV-AIDS dan penyakit menular lainnya.
  • Memiliki alamat email pribadi dan nomor telepon/HP yang masih aktif.
  • Memiliki nomor rekening tabungan atas nama pribadi yang masih aktif.
  • Tidak pernah bekerja di Korea Selatan lebih dari 5 tahun, termasuk penggabungan dengan menggunakan Visa E-9 dan Visa E-10.
Persyaratan diatas sebagai persyaratan umum sedangkan persyaratan khususnya bergantung pada sektor pekerjaan yang dipilih, biasanya informasi persyaratan akan dilampirkan pada pengumuman pra pendaftaran

Persyaratan Dokumen Umum

Berikut adalah dokumen umum untuk persyaratan mendaftar EPS-TOPIK
  • Scan KTP yang masih aktif.
  • File Pasfoto berwarna terbaru latar belakang putih (bukan abu-abu atau biru muda), tidak berkacamata, tidak menggunakan penutup kepala (terlihat dahi dan telinga), tidak menggunakan baju berwarna putih, menghadap kamera dengan wajah penuh dan diambil dalam jangka waktu 3 bulan terakhir. Catatan: File Pasfoto yang diupload adalah file asli dari kamera, bukan pasfoto yang sudah dicetak kemudian discan.
  • Scan Ijasah asli pendidikan terakhir.
  • Scan surat keterangan dokter tidak buta warna.
  • Scan buku tabungan atas nama pendaftar pribadi.
Beberapa dokumen lain mungkin akan dibutuhkan bergantung pada sektor pekerjaan yang dipilih, biasaya perayaratan dokumen akan dilampirkan pada pengumuman pra pendaftaran.

Cara mendaftar EPS-TOPIK

Berikut adalah langkah-langkah umum yang biasanya harus diikuti untuk mendaftar EPS-TOPIK (Employment Permit System-Test of Proficiency in Korean):

Persiapkan persyaratan
Pastikan kamu memenuhi persyaratan dasar untuk seperti yang diatas untuk mendaftar EPS-TOPIK. Persyaratan ini dapat bervariasi tergantung pada sektor pekerjaan yang dipilih. Untuk sektor tertentu biasanya diminta untuk melampirkan sertifikat pelatihan.

Peroleh informasi dan panduan pendaftaran
Dapatkan informasi terkini mengenai jadwal, prosedur, dan persyaratan pendaftaran EPS-TOPIK melalui sumber resmi seperti situs web resmi Program EPS atau pemerintah Korea Selatan yang kami cantumkan diatas. Panduan dan brosur resmi yang menjelaskan langkah-langkah pendaftaran dan persiapan tes serta prosesnya. Kamu bisa mengakses semua informasi tersebut disini https://bp2mi.go.id/gtog-korea/pengumuman

Daftar secara online atau melalui agen pendaftaran
Awalnya pendaftaran EPS-TOPIK dilakukan secara langsung di daerah dan tempat yang ditunjuk. Saat ini pendaftaran EPS-TOPIK hanya bisa dilakukan secara online melalui situs web resmi Program EPS yakni situs BP2MI yang kami sematkan diatas.

Bayar biaya pendaftaran
Setelah mendaftar, kamu  akan diminta membayar biaya pendaftaran yang ditentukan. Nominal pembayaran EPS-TOPIK sekitar Rp.400.000,- biasanya bergantung pada kurs rupiah terhadap dolar/won. Pembayaran dilakukan dengan cara transfer ke rekening yang sudah ditentukan. Pastikan untuk membayar biaya pendaftaran sesuai dengan instruksi yang diberikan oleh pihak penyelenggara EPS-TOPIK. Kemudian simpan bukti pembayaran.

Verifikasi dokumen pendaftaran dan pengambilan kartu ujian
Verifikasi dokumen dan pengambilan kartu ujian dilakukan oleh pendaftar sendiri (tidak boleh diwakilkan). Jadwal verifikasi waktu dan tempat akan diumumkan melalui https://bp2mi.go.id/gtog-korea/pengumuman. Pendaftar harus berpakaian rapi dan sopan (baju berkerah warna bebas) dan bersepatu. Saat verifikasi data pastikan kamu membawa dokumen asli yang diunggah/upload saat mendaftar melalui website seperti foto, KTP, buku tabungan, bukti transfer pembayaran, dan lain-lain. Kamu akan di beri kartu ujian jika dokumen kamu valid saat di verifikasi.

Pasca mendaftar EPS-TOPIK

Persiapkan diri untuk tes
Setelah dokumen terverifikasi dan kemu mendapatkan kartu ujian selanjutnya lakukan persiapan yang matang untuk menghadapi tes EPS-TOPIK. Perbanyak hafalan kosakata, pemahaman tata bahasa dan latihan soal-soal untuk meningkatkan kemampuan bahasa Korea mu.

Hadiri tes EPS-TOPIK tepat waktu
Waktu dan tempat tes akan di umumkan di website sebelum pelaksanaan tes. Oleh karena itu usahakan untuk datang tepat waktu ke tempat tes karena jika terlambat kamu tidak akan diizinkan masuk dan mengikuti tes. Pastikan juga kamu membawa kartu ujian dan KTP asli.

Tunggu hasil dan tindak lanjut
Setelah tes selesai, kamu harus menunggu hasil yang akan diumumkan oleh pihak penyelenggara. Jika kamu lulus,kamu bisa melanjutkan ke tes tahap berikutnya. Tapi jika kamu gagal kamu harus mengulangi lagi di ujian berikutnya biasanya akan diadakan lagi di tahun berikutnya.

Jenis tes dalam EPS-TOPIK

Berdasarkan alat tes yang digunakan nya, ada 2 jenis tes yaitu tes yang menggunakan kertas atau Paper Basic Test (PBT) dan tes yang menggunakan komputer atau Computer Basic Test (CBT). Untuk PBT biasanya diadakan 1 atau 2 kali dalam setahun dan tempat tesnya pun berbeda-beda. Namun mulai tahun 2016 PBT sudah tidak digunakan. Sekarang sudah menggunakan CBT semua.

Tahapan Tes EPS TOPIK

Berikut adalah tahapan tes EPS-TOPIK

1. Ujian tahap pertama (EPS-TOPIK)
Fokus utama dari ujian tahap awal ini adalah tes bahasa Korea dengan metode ujian 2 jenis soal pilihan ganda yaitu 50% soal membaca dan 50% lagi soal mendengar. Biasanya 20  untuk soal mendengar dan 20 untuk soal membaca dengan waktu pengerjaan soal masing-masing 25 menit. Tes ini mencakup berbagai aspek bahasa seperti pemahaman bacaan, mendengar, tata bahasa, dan penguasaan kosakata. 

2. Ujian tahap kedua (Skill test dan competency test)
Tes keterampilan (skill test)
Biasanya ada 2 aspek yang akan diuji pada tahan skill test ini yakni kekuatan fisik dan wawancara.

Uji kempetensi (competency test)
Sedangkan untuk competency test aspek yang akan diuji adalah sesuai dengan sektor pekerjaan yang dipilih oleh pendaftar.

Sertifikat EPS-TOPIK

Peserta yang lulus pada ujian tahap pertama dan tahan kedua akan mendapatkan sertifikat EPS-TOPIK, sertifikat tersebut adalah modal utama untuk melamar pekerjaan di Korea selatan. Namun sertifikat EPS-TOPIK hanya berlaku selama 2 tahun. Setelah 2 tahun sertifikat tersebut sudah tidak berlaku lagi dan kamu harus mengikuti ujian EPS-TOPIK lagi untuk mendapatkan sertifikat yang terbaru.

Sending Data

Tahap sending data adalah tahap pengiriman data/dokumen ke Korea Selatan sebagai berkas lamaran kerja.
Setelah kamu mendapatkan sertifikat EPS-TOPIK, maka kamu perlu menyiapkan kelengkapan berkas lainnya untuk melamar pekerjaan di di Korea, berkas tersebut adalah:
  • Photo copy Paspor
  • Photo copy sertifikat EPS-TOPIK
  • Keterangan medical check-up
  • SKCK yang dikeluarkan oleh POLDA
  • Kartu kuning dari Depnaker
  • Surat izin orangtua/suami/istri
  • Photo copy ijazah, KK, KTP, dll
Pemberkasan akan di umumkan melalui website.
Setelah berkas lengkap berkas tersebut dikirim ke BP2MI kemudian BP2MI mengirim kembali data tersebut ke departemen ketenaga kerjaan Korea Selatan. 
Setelah itu kamu tinggal duduk manis sambil menunggu kontrak kerja (SLC) turun.

Penerbitan Standard Labour Contract (SLC)

Setelah dokumen yang dikirim telah diterima oleh Departemen Ketenagakerjaan Korea Selatan, data kamu akan masuk dalam daftar pelamar kerja di Korea Selatan, jika ada pemilik usaha yang datang ke Departemen Ketenagakerjaan untuk mencari tenaga kerja maka data kamu akan ditawarkan ke pencari tenaga kerja tersebut jika kriteria lamaran kamu sesuai dengan yang mereka cari.

Dan jika mereka cocok dan memilih kamu maka, pencari tenaga kerja tersebut akan mengurus pembuatan kontrak kerja untuk mu atau Standard Labour Contract (SLC). Kemudian jika SLC sudah dibuatkan maka status kamu di sudah mendapat SLC artinya sudah ada pemilik usaha yang siap memperkerjakanmu di Korea Selatan. Kamu bisa melihat perubahan status itu melalui situs https://www.eps.go.kr/.

Preliminary Training

Selanjutnya BM2MI akan memanggil kamu untuk mengikuti Preliminary Training selama sekitar 1 minggu bertempat di Jakarta dan di Kota lain yang sudah ditentukan. Pemanggilan Preliminary Training ini biasanya melalui situs resmi BP2MI.

Saat Preliminary Training kamu akan dibekali pelatihan dasar bahasa Korea, budaya Korea, budaya kerja orang Korea dan Psikotes, dan pembekalan lainnya. Selain itu kamu juga akan mengurus visa, tiket pesawat, asuransi dan lain-lain. Selanjutnya calon tenaga kerja Korea Selatan diminta untuk menunggu dirumah sampai pemanggilan PAS

Pembekalan Akhir Pemberangkatan (PAP)

Sebelum diberangkatkan ke Korea Selatan kamu akan dipanggil terlebih dahulu untuk mengikuti PAP, saat PAP kamu akan diminta untuk melunasi pembayaran tiket pesawat, visa, asuransi dan menyiapkan dokumen lainnya yang diperlukan. Kamu juga harus membawa uang saku dalam bentuk mata uang won karena untuk biaya hidup selama menunggu gajian pertama kamu di Korea.

Biasanya selesai PAP kamu langsung diberangkatkan ke Korea tanpa pulang terlebih dahulu ke rumah.

Tiba di Korea Selatan

Setelah tiba di Korea Selatan kamu akan disambut oleh petugas dari departemen tenaga kerja Korea, biasanya kamu akan dimedical check up ulang, dan yang lolos medical check up akan langsung dibawa ke asrama sementara, disitu kamu akan menjalani Training kembali selama 3 hari.
Setelah training selesai kamu akan dijemput atau dianter ke perusahaan tempat kamu bekerja.

Penting untuk diingat selalu bahwa prosedur pendaftaran dan persyaratan dapat berbeda setiap tahunnya atau di setiap negara. Oleh karena itu, sangat disarankan untuk merujuk pada sumber resmi terkini dan mengikuti petunjuk yang diberikan oleh pihak berwenang saat mendaftar EPS-TOPIK agar tidak salah langkah dalam proses tersebut.

Itulah prosedur kerja di Korea Selatan melalui jalur G to G Korea, semoga kamu dilancarkan selama proses tersebut dan sukses buat kamu

by Bumi Korea

Bumi Korea Media online untuk berbagi pengetahuan seputar korea selatan mulai dari bahasa kebudayaan dan hiburan

Follow her @ Instagram | Facebook | Instagram

No Comment