Macam-macam Ayam Goreng Ala Korea yang Rasanya Menggoda Bumi Korea Wednesday, January 19, 2022 No Comment

 Macam-macam Ayam Goreng Korea Yang Rasanya Sangat Menggoda

Ayam goreng menjadi salah satu alternatif pilihan disaat perut keroncongan yang tidak mudah untuk ditahan. Makanan yang sangat populer dan banyak digemari oleh warga dunia ini banyak dijumpai diseluruh pelosok negeri bahkan hampir diseluruh negara-negara di dunia termasuk di Korea.

Tren makan ayam goreng di Korea berkembang sangat pesat, terbukti pada tahun 2017 saja ada 36.000 gerai ayam goreng di Korea Selatan.

Yang membedakan ayam goreng ala Korea dengan ayam goreng dari negara lainnya adalah bumbunya yang khas Korea dan varian rasanya yang lebih banyak. Restoran cepat saji yang terkenal seperti KFC, Lotteria, dan gerai-gerai kecil ayam goreng sangat mudah kita temui di Korea, melayani makan ditempat maupun delivery.

Ayam goreng khas Korea enak dimakan begitu saja maupun dengan nasi sebagai lauk, namun orang Korea biasanya jarang yang memakan ayam goreng dengan nasi.

Ayam goreng di Korea dikenal dengan nama 후라이드 치킨 (huraideu chikin) berasal dari bahasa Inggris "fried chicken" walaupun transliterasi yang benar adalah 프라이드 치킨 (pheuraideu chikin) akan tetapi transliterasi tersebut jarang ada yang memakainya, bahkan kebanyakan orang Korea menyebutnya secara singkat saja yakni 치킨 (chikin) namun penyebutan tersebut mengacu pada ayam goreng tepung yang original. Ayam goreng khas  Korea disajikan bersama acar lobak 무 절임 (mu jeorim) atau ada juga yang menyebutnya 치킨 무 (chikin mu), dan minuman bersoda, biasanya sudah satu paket.

Berikut adalah macam-macam ayam goreng Korea Selatan

1. 후라이드 치킨 (huraideu chikin)



후라이드 치킨 (huraideu chikin) adalah ayam goreng tepung original atau ayam goreng biasa tanpa bumbu atau saus tambahan. Ayam goreng  ini sama seperti ayam goreng yang di jual di KFC dan di Indonesia, hanya saja cita rasanya agak sedikit berbeda.

2. 양념 치킨 (yangnyeom chikin)



양념 (yangnyeom) artinya bumbu dan 치킨 (chikin) mengacu pada ayam goreng, 양념 치킨(yangnyeom chikin) adalah ayam goreng dengan bumbu atau saus pedas manis. Sausnya yang khas terbuat dari pasta cabai (고추장 /kochujang), sirup atau gula, bawang putih, dan lain-lain. Yangnyeom  chikin adalah ayam goreng Korea yang paling populer.

3. 간장 치킨 (kanjang chikin)



간장 (kanjang) memiliki arti kecap, ya 간장 치킨 (kanjang chikin) adalah ayam goreng tepung khas Korea yang di dilapisi bumbu kecap khas Korea. Kanjang chikin memiliki cita rasa manis asin dan gurih.

4. 허니 치킨 (honey chikin)



허니 치킨 (honey chikin) adalah ayam goreng tepung ala Korea yang dilumuri dengan madu. 허니 치킨 (honey chikin) memiliki cita rasa yang lebih manis.

5. 파닭 (phadak)



파닭 (phadak) adalah ayam goreng tepung biasa yang dalam penyajiannya ditaburi dengan irisan daun bawang yang banyak.

1. 순살 치킨 (sunsal chikin)



순살 치킨 (sunsal chikin) adalah ayam goreng tanpa tulang.

1. 마늘 치킨 (maneul chikin)



마늘 치킨 (maneul chikin) adalah ayam goreng khas Korea dengan rasa bawang putih yang lebih kuat.

6. 반반 (panpan /banban)



Seperti namanya 반 (pan) artinya 'setengah'. 반반 (panpan) adalah ayam goreng setengah-setengah, maksudnya adalah dalam satu box ayam goreng terdiri dari dua jenis ayam goreng, contoh 후라이드 치킨 (huraideu chikin) dengan 양념 치킨 (yangnyeom chikin).

7. 통닭 (tongdak)



통닭 (tongdak) adalah ayam goreng utuh, ayam yang hanya dibuang kepala, ceker, dan jeroannya kemudian, dibaluri dengan tepung lalu digoreng. 통닭 (tongdak) adalah ayam goreng pertama yang dijual di Korea. Sedangkan ayam utuh yang dipanggang dengan pemanggang listrik disebut 전기 구이 통닭 (jeon-gi gui tongdak).

Itulah macam-macam ayam goreng khas Korea dengan berbagai macam varian rasa, yuk cobain kelezatannya hehmmmm pasti kamu ketagihan....

by Bumi Korea

Bumi Korea Media online untuk berbagi pengetahuan seputar korea selatan mulai dari bahasa kebudayaan dan hiburan

Follow her @ Twitter | Facebook | Google Plus

Tags:

No Comment