Mi Khas Korea Super Lezat Ini Wajib Kamu Coba! Bumi Korea Wednesday, December 29, 2021 No Comment

 Mi Khas Korea Super Lezat Ini Wajib Kamu Coba!

Selain KPOP, Drama dan street foodnya, Mie khas Korea juga tak kalah populer. Ada banyak makanan mie khas Korea Selatan, beberapa diantaranya sudah populer yang mungkin namanya sudah tidak asing lagi dutelinga kamu. Mie adalah makanan yang banyak digemari oleh semua kalangan karena rasanya yang enak dan praktis. Oleh karena itu menu mie banyak dijumpai di restoran-restoran Korea dan swalayan-swalayan.

Secara umum di Korea mie disebut 국수 (kuksu) atau 면 (myeon)

Berikut kami rekomendasikan macam-macam mie khas Korea yang enak dan wajib kamu coba...

Baca juga: Street food Korea Paling Favorit


1. 막국수 (makkuksu)

Makkuksu adalah mie tradisional Korea khas daerah Kangwon dan Chuncheon. Makkuksu terbuat dari gandum hitam oleh karena itu warna mie hitam atau biasa dikenal dengan mie soba. Makkuksu biasanya disajikan dengan kuah dingin dalam mangkuk besar. Namun ada juga makkuksu yang tanpa kuah.


2. 칼국수 (khalkuksu)

Khalkuksu adalah mie tradisional Korea yang terbuat dari bahan dasar tepung terigu. Khalkuksu dibuat secara tradisional menggunakan tangan dengan cara menggulung adonan dan diiris memanjang menggunakan pisau. Itulah sebabnya dinamakan khalkuksu (칼국수), 칼 (khal) artinya pisau dan 국수 (kuksu) artinya mie. Khalkuksu disajikan dengan kaldu rumput laut, ikan teri kering dan kerang, ada juga yang menggunakan kaldu ayam. Dan biasanya diatasnya ditaburi dengan daun bawang, kentang atau yang lainnya tergantug selera.


3. 콩국수 (khongkuksu)

Sesuai dengan namanya 콩 (khong) artinya kacang kedelai dan 국수 (kuksu) artinya mie. Khongkuksu adalah mie khas Korea dengan kuah kacang kedelai putih yang manis dan dingin dengan toping irisan timun timu. Khongkuksu sangat cocok disajikan saat musim panas, heemmmm enak, mengenyangkan dan nyegerin banget. 




4. 짜장면 (jjajangmyeon)

Mi khas Korea yang satu ini dari penampilannya saja sudah sangat menggiurkan, mi dengan saus kedelai hitam yang sering nongol di Drakor ini bernama jjajangmyeon. Jajangmyeon terbuat dari tepung gandum dengan bentuk mi yang lebih tebal dibandingkan dengan jenis mi lainnya.
Saus hitam Jjajangmyeon biasanya dicampur dengan irisan bawang, makanan laut, telur, daging merah, bisa juga lainnya tergentung selera.

5. 라면 (ramyeon)


Mi Korea yang satu ini mungkin yang paling terkenal dari namanya, padahal ramyeon sendiri adalah mi kuah atau mi rebus pada umumnya seperti mi instan - mi instan yang ada di Indonesian, akan tetapi kebanyakan mi instan kuah Korea ini kebanyakan memiliki khas rasa yang pedas. Ramyeon bisa terbuat dari mi basah namun kebanyakan ramyeon adalah mi instan yang di jual di toko-toko atau swalayan. 

6. 냉면 (naengmyeon)


냉 (naeng) artinya 'dingin' dan 면 (myeon) artinya 'mi', ya Naengmyeon adalah mi dingin khas Korea. Dinamakan mie dingin karena mi ini disajikan dengan kuah/kaldu sapi dingin, sedangkan minya sendiri terbuat dari tepung gandum. Tentu saja naengmyeon sangat cocok dinikmati saat musim panas, meskipun dahulu kala rakyat Korea gemar menyantap naengmyeon saat musim dingin.

Selain dengan kaldu dingin mi ini juga biasanya diberi kimchi dan irisan daging namun ada juga yang menggunakan campuran atau topping lainnya. Naengmyeon sendiri sebenarnya berasal dari Korea Utara namun sangat populer di Korea Selatan dan banyak digemari oleh seluruh rakyat Korea baik utara maupun selatan. Bukan hanya dingin mie ini juga ada yang disajikan dalam keadaan panas biasanya disebut dengan 온면 (onmyeon) yang artinya 'mi panas'.

7. 볶음면 (bokkeummyeon)

볶음면 (bokkeummyeon) adalah mi goreng. Mi goreng Korea tidak jauh berbeda dengan mi goreng Indonesia, yang membedakan mungkin hanya varian rasanya saja. Mie goreng instan Korea yang paling terkenal adalah 불닭 볶음면 (bultak bokkeummyeon) yang berarti Mi goreng ayam panggang.


8. 짬뽕 (jjamppong)

Heemmmm mendengar kata jjampong lidah  saya langsung  bergoyang hehehe.. karna jjamppong adalah mi favorit penulis. nih gaes. 짬뽕 (jjamppong) adalah mi seafood Korea. Mi yang terbuat dari tepung gandum dengan kuah pedas campuran makanan laut seperti udang, kepiting, kerang, cumi-cumi dan lain-lain. 

Jjamppong sebenarnya berasal dari Tionghoa yang dibawa oleh koki Tionghoa ke jepang kemudian berkembang juga di Korea. Di Jepang mi ini dikenal dengan nama Chanpon/champon yang diadopsi dari bahasa Tionghoa Chanpeng. Namun jjamppong yang berkembang dan populer di Korea berbeda dengan yang di Jepang maupun di negara asalanya Tionghoa. Di Korea jjampong memiliki cita rasa pedas karena kuahnya dicampur dengan bubuk cabai, bumbu dan rasanya yang disesuaikan dengan lidah orang Korea. Namun juga sangat cocok dengan lidah orang Indonesia, gak percaya yuk cobain.


9. 야끼우동 (Yakki udong)



Yakkiudong adalah mi goreng tumis dengan campuran sayuran seperti sawi putih, jamur kuping kayu, bawang bombay, labu kuning, bayam, tauge dan beberapa seafood seperti udang, cumi-cumi serta daging, dan lagi lagi dengan rasa yang pedas. 

Sama seperti jjamppong yakkiudong juga awalnya berasal dari China yang dibawah oleh seorang perantauan Tionghoa yang menetap di Kota Daegu - Korea Selatan. Yakkiudong berkembang pesat di Korea hingga menjadi makanan mi khas Korea yang tentu saja rasanya sudah disesuaikan dengan selera orang Korea. Di Jepang juga memiliki makanan yang serupa dengan nama yang sama namun mi dan bumbu yang digunakan berbeda dan sama sekali tidak ada hubungannya dengan yakkiudong Korea.

Itulah macam-macam mi khas Korea Selatan yang bukan hanya populer namana saja tetapi rasanya juga sangat lezat. Sobat Bumi Korea wajib coba mi-mi yang kami rekomendasikan diatas. Selamat mencoba...



by Bumi Korea

Bumi Korea Media online untuk berbagi pengetahuan seputar korea selatan mulai dari bahasa kebudayaan dan hiburan

Follow her @ Twitter | Facebook | Google Plus

Tags:

No Comment