Hanok Rumah Tradisional Korea Yang Penuh Artistik Bumi Korea Wednesday, May 13, 2020 No Comment

Hanok Rumah Tradisional Korea Yang Penuh Artistik

 Rumah tradisional Korea (Hanok atap genting dan hanok atap jerami)

Hanok adalah rumah adat atau rumah tradisional Korea. Hanok dibangun dengan gaya arsitektur tradisional Korea dengan mempertimbangkan lokasi rumah, iklim dan keadaan geografi. Hanok biasanya dibangun menghadap ke selatan atau ke timur agar mendapat cahaya matahari yang cukup.

Pembangunan Hanok diatur sedemikian rupa, agar lebih ideal biasanya dibangun menghadap sungai dan membelakangi gunung karena 70% dataran Korea adalah pegunungan, prinsip arsitektur tradisional Korea ini disebut 배산임수 (baesanimsu). Struktur Hanok dibuat dari kayu, tanah, kertas, batu, genting, dan jerami.

Kayu digunakan sebagai kerangka Hanok, tanah digunakan untuk membuat dinding, 한지 (hanji / kertas tradisional Korea) digunakan untuk rangka pintu, jendela, dan ada juga yang digunakan sebagai pelapis dinding, dan batu digunakan untuk lantai hanok ada juga yang memakai tanah atau kayu sebagai lantai. Sedangkan atapnya ada yang menggunakan jerami dan ada yang menggunakan genting. Orang yang memiliki setatus sosial yang tinggi atau bangsawan (양반 / yangban) mengguakan genting sebagai atap rumahnya atau biasa disebut 기와집 (giwajip / rumah beratap genting. Sedangkan rakyat biasa atau petani menggunakan jerami sebagai atap rumah tradisional meraka atau disebut 초가집 (chogajip / rumah beratap jerami).

Salah satu karakteristik Hanok yang mewakili rumah tradisional Korea adalah sistem pemanasan dibawah lantai yang digunakan saat musim dingin, sistem pemanasan ini disebut 온돌 (ondol) atau 구들 (gudeul). Cara kerja Ondol adalah mengalirkan panas yang dihasilkan oleh tungku pembakaran ke sekat-sekat dibawah lantai sehingga lantai dan ruangan menjadi hangat. Sampai sekarang sistem ondol masih digunakan namun dengan teknologi yang jauh lebih maju.

Sementara saat musim panas orang korea zaman menggunakan berandanya rumahnya yang luas untuk beristirahat biasanya beranda dibuat dari kayu agar tetap sejuk saat panas. Sebagain Hanok milik bangsawan memiliki pintu gerbang dan cerobong asap tungku pembakaran.

Berikut adalah bagian-bagian Hanok

사랑방 (sarangpang) / 사랑채 (sarangchae) adalah ruangan yang digunakan untuk kaum pria / suami
안방 (anpang) / 안채 (anchae) adalah ruangan bagian dalam yang digunakan untuk istri
행랑채 (haengrangchae) adalah ruangan dekat pintu gerbang yang digunakan untuk pelayan
문간채 (mun-ganchae) adalah pintu gerbang rumah
광채 (kwangchae) Gudang
마당) (madang halaman rumah
사당 (sadang) Ruangan untuk altar para leluhur

Saat ini masih banyak Hanok yang terpelihara dengan baik yang paling terkenal adalah di Kampung Hanok Bukchon (북촌 한옥 마을) berlokasi di Kota Seoul , perkampungan Hanok ini dulunya adalah pemukiman para bangsawan, pejabat dan anggota keluarga kerajaan oleh karena itu letaknya tidak jauh dari istana yakni diantara  Istana Gyeongbok dan Istana Changdeok. Sekarang Kampung Hanok Bukchon menjadi tempat wisata dan banyak juga hanok-hanok yang disewakan sebagai penginapan.

Selain di Bukchon Seoul masih banyak perkampungan hanok lainnya yang sampai saat ini masih dirawat dan jijaga dengan baik keasriannya diantaranya adalaha Kampung Hanok Jeonju (전주 한옥 마을), Kampung Hanok Namsan (남산골 한옥 마을), Kampung rakyat Korea (한국 민속촌) di Yongin, Kamung rakyat Andong Hahoe (안동 하회 마을) , dan masih banyak perkampungan hanok lainnya yang ada di Korea.

Bahasa Korea yang berhubungandengan Hanok

가까운 한옥 어디 있어요?
Gakkaun hanok ȏdi issȏyo?
Hanok yang dekat ada dimana?

저는 한옥에 가고 싶어요
Jȏnen hanoge kago siphȏyo
Saya ingin pergi ke hanok

한옥은 진짜 재미있어요
Hanogeun jinca jaemiissȏyo
Hanok sungguh menarik

저는 한옥에 묵고 싶어요
Jȏneun hanoge mukko siphȏyo
Saya ingin menginap di Hanok

한옥 마을로 어떻게 가요?
Hanok maeullo ȏttȏke kayo?
Bagaimana caranya pergi ke kampung hanok?
by Bumi Korea

Bumi Korea Media online untuk berbagi pengetahuan seputar korea selatan mulai dari bahasa kebudayaan dan hiburan

Follow her @ Twitter | Facebook | Google Plus

Tags:

No Comment