MUSIM DI KOREA Bumi Korea Thursday, October 12, 2017 No Comment

Mengenal Musim di Korea

Korea selatan adalah negara kecil yang memiliki empat musim yang terdiri dari musim panas, musim gugur, musim dingin, dan musim semi. Setiap daerah memiliki iklim yang berbeda. Beragam iklim di berbagai daerah ini membentuk bermacam-macam jenis makanan di Korea. 

Musim Panas (여름)


Saat musim panas (Juni - Agustus) suhu berkisar antara 20-37 derajat celcius sehingga cuacanya mejadi panas dan lembab. Dedaunan berwarna hijau dan lebat. Biasanya saat musim panas ini turun hujan di Sorea hari. Hujan yang turun di musim panas biasanya sangat lebat dan terkadang menyebkan banjir disertai kerusakan. Di Bulan Agustus angin topan seringkali menghantam semenanjung. Berbeda dengan Indonesia di Korea saat musim panas matahari mulai terbit sekitar pukul 04.30 pagi dan terbenam sekitar pukul 08.00 sore.
Umumnya saat musim panas sekitar di akhir bulan Juli atau awal bulan Agustus perusahaan memberikan libur kepada pegawai-pegawainya sekitar 3-6 hari dan memberikan bonus berupa uang tergantung kebijakan perusahaan. Kebanyakan masyarakat Korea mengisi liburan musim panas mereka dengan berlibur ke pantai, kolam renang (water park) atau ke Pegunungan.

Musin Gugur (가을)


Musim gugur (September - November) kecenderungan cuacanya terang dan berawan. Suhu ketika musim gugur berkisar antara 5-20 derajat celcius, di malam dan pagi hari suhu jatuh drastis sehingga terasa dingin. Pada musim gugur jumlah cahaya matahari yang menyinari Korea lebih sedikit dibanding musim panas dan perubahan suhu yang signifikan sehingga menyebabkan daun-daun berubah warna menjadi merah, kuning, oranye dan ungu, kemudian mengering dan gugur namun ada beberapa jenis pohon yang tahan dengan cuaca dingin sehingga daunnya tidak gugur.
Saat musim gugur matahari terbit sekitar pukul 06.30 pagi dan terbenam sekitar pukul 07.00 sore.

Musim Dingin (겨울)


Suhu saat musim dingin (Desember - Februari) berkisar antara -1 sampai -16 derajat celcius. Suhu yang sangat dingin ini akibat pengaruh angin yang bertiup dari Siberia. Udara saat musim dingin kering sekali begitu juga dengan rerumputan, dedaunan dan ranting-ranting pohon mengering sehingga ketika musim dingin rawan sekali terjadi kebakaran hutan. Namun ada beberapa jenis rumput dan pohon yang daunnya tidak mengering.
Di daerah pegunungan salju lebih sering turun dibandingkan daerah lain. Masyarakat Korea saat musim dingin banyak yang berlibur ke Ski resort yang berada di daerah pegunungan untuk bermain ski dan kereta luncur. Alat pemanas sangat dibutuhkan didalam ruangan agar tidak kedinginan.
Saat musim dingin matahari terbit sekitar pukul 07.00 dan terbenam sekita pukul 05.30.

Musim Semi (봄)



Musim semi (Maret - Mei) bersuhu hangat berkisar antara 5-20 derajat celcius. Ketika musim semi sering turun hujan namun tidak begitu lebat atau hanya gerimis. Pepohonan mulai menumbuhkan bunga, bunga sakura, azaleas, dan forsythia membuat musim semi terlihat sangat indah. Setelah bunga-bunga berguguran pepohonan menumbuhkan daun-daunnya sehingga daun-daun pada pepohonan menjadi lebat dan hijau kembali.
Di daerah pedesaan petani-petani mulai sibuk menanam padi. Akan tetapi musim semi bukan hanya menyajikan pemandangan indah dengan bunga-bunganya, polusi pasir kuning yang datang dari Cina terkadang membuat masalah dan sangat mengganggu kesehatan. Pada musim semi Matahari terbit sekitar pukul 06.30 dan terbenam sekitar pukul 06.00. 
Saat musim semi masyarakat Korea maupun wisatawan asing senang mengunjungi cherry blossom festival, theme park, dan perbukitan / pegunungan untuk hunting foto.
by Bumi Korea

Bumi Korea Media online untuk berbagi pengetahuan seputar korea selatan mulai dari bahasa kebudayaan dan hiburan

Follow her @ Twitter | Facebook | Google Plus

Tags:

No Comment