Street Food Korea Paling Favorit, Bikin Ngiler! Cocok Dilidah Orang Indonesia Bumi Korea Monday, October 19, 2020 No Comment

 Street Food Korea Paling Favorit, Bikin Ngiler! Cocok Dilidah Orang Indonesia

Sama seperti di Indonesia, Korea Selatan juga memiliki banyak makanan khas. Yang paling digemari oleh warga lokal maupun Turis mancanegara adalah jajanan pinggir jalannya atau yang dbiasa disebut dengan 길거리 음식 (kilgeori eumsik). Nah bagi kamu yang ingin melancong ke Korea Selatan jangan lupa untuk mencoba jajanan kaki lima Korea atau Korean street food ini, selain tampilannya yang bikin ngiler, rasanya yang enak juga cocok dilidah orang Indonesia.


Juga buat kamu pecinta kuliner Korea yang belum sempat berkunjung ke Korea, wajib banget cobain 12 jajanan street food Korea paling favoritnya ini dengan membuatnya sendiri atau cari di beberapa Kota tertentu karena beberapa street food ini sudah banyak dijual di Indonesia.  Penasaran apa saja? Cek di bawah ini ya!


1. Tteokpokki (떡볶이)






Tentu kamu sudah tidak asing lagi dengan Tteokpokki bukan? Karena jajanan khas Korea ini sudah banyak dijual di Indonesia. Sudah pernah coba?

Tteokpokki adalah kue beras dengan tekstur kenyal berbentuk bulat panjang yang dimasak dengan saus cabai merah 고추장 (kochujang) yang pedas manis. Saat ini tteokpokki memiliki banyak variasi ada yang dicampur dengan odeng, ada yang dengan toping keju dan lain-lain.


2. Bungeoppang (붕어빵)







Kue berbentuk ikan mas ini cukup cocok di lidah masyarakat Indonesia. Bungeoppang didalamnya berisi pasta kacang merah ada juga yang berisi krim custard. Bentuk ikan bungeoppang dibuat dengan cara memasukkan adonan dan isiannya kedalam cetakan besi kemudian dipanaskan/dipanggang

 Kue wafel ini konon, katanya melambangkan keberuntungan. Sekarang, ada bungeoppang yang berisi es krim, jadi makin kekinian, deh!


3. Hweori gamja (회오리 감자)






Kalau kamu suka olahan kentang, pasti bakal suka hweori gamja. Hweori gamja atau yang berarti kentang tornado/kentang ulir. Bentuknya unik, sangat menggugah selera. Kentang tersebut dipotong berbentuk spiral dan ditusuk seperti sate kemudian digoreng lalu dibumbui dengan penyedap rasa,  ada juga yang dipadukan dengan madu, keju dan ada yang tengahnya dikasih sosis. Jajanan Korea yang satu ini juga sudah banyak dijual di Indonesia


5. Odeng (오뎅) / eomuk (어묵 )






Mungkin di Indonesia, jarang yang menjual jajanan Korea bernama Odeng ini. Odeng merupakan kue ikan yang ditusuk seperti sate. Odeng terbuat dari adonan yang dicampur daging ikan. Odeng yang sudah jadi direbus dengan kuah kaldu biasa dicampur kepiting dan rumput laut kering. Biasanya pedagang odeng menyediakan kecap asin Korea sebagai cocolannya. Odeng lebih nikmat lagi dinikmati selagi masih panas. Hmm…

Odeng sangat cocok dinikmati saat musim dingin, oleh karena itu saat musim dingin banyak sekali kedai odeng dipinggir jalan. Dan biasanya tutup saat musim panas tiba.

Jajanan kaki lima Korea ini selain disebut dengan 'odeng' ada juga yang menamakannya dengan 'eomuk'.


6 Tokkaebi hotdog (도깨비 헛도그)





Pernah makan corn dog? Kalau pernah, jajanan satu ini hampir mirip corn dog. Bedanya, adonan tokkebi hot dog tidak dilapisi tepung roti, melainkan potongan-potongan kentang goreng, kemudian digoreng lagi secara bersamaan. Pasti enak banget deh!

Jajanan kaki lima khas Korea ini juga sudah sangat terkenal dan banyak dijual di banyak negara termasuk Indonesia


7. Ppopki (뽑기) / Dalgona (달고나)






Jika kamu pernah menonton film Korea yang berjudul 'Squad Game', kamu pasti tidak asing dengan ppopki atau dalgona ini karena salah satu adegan game dalam film tersebut adalah menjilati ppopki/dalgona.

 Berbeda dengan permen yang biasanya kecil-kecil, permen favorit Korea ini berbentuk bulat tipis yang cukup besar. Permen ini terbuat dari larutan gula dengan baking soda agar mengembang. Bentuk ppopki ini mirip dengan gulali, bedanya permen ini tak dibentuk aneh-aneh. Bentuknya sangat sederhana yakni bulat tipis dengan cetakan karakter di tengahnya.


8. Gurita Kering (말린 낙지 /mallin nakji) dan Cumi-cumi Kering (말린 오징어/mallin ojingeo)







Di Korea Selatan gurita dan cumi-cumi bukan hanya dijadikan sebagai masakan untuk lauk tetapi juga sebagai cemilan atau makanan ringan. Salah satu camilan favoritnya orang Korea, nih. Biasanya potongan gurita dan cumi-cumi yang sudah dikeringkan ini telah terbagi rata di gelas kertas. Sebelum disajikan ke pelanggan, jajanan ini dipanaskan dan diberi sedikit mentega. Selain itu jajanan Korea yang satu ini juga sudah banyak dijual di swalayan-swalayan dan langsung bisa dimakan.... Hhmm cocok nih buat teman santai.


9. Gyeran ppang (계란 빵)








계란 (kyeran/telur), 빵 (ppang/roti). Sesuai namanya, jajanan pinggir jalan Korea Selatan ini berbahan utama roti dan telur. Makin lezat ketika diberi topping ekstrak vanila, garam, gula, dan lelehan mozzarella.


10. Hotteok (호떡)







Nah ini salah satu jajanan kaki lima Korea kesukaan Penulis. Jajanan  Korea yang satu ini sejenis pancake, tapi yang ini digoreng. Isinya gula palm, kacang tanah yang diremuk, biji wijen, dan madu ada juga yang dikasih biji kwaci dan ada pula yang mengisinya dengan sayuran. Hotteok sangat lezat dimakan saat hangat.


11. Jipangi ice cream  (지팡이 아이스 크림)








Yang ini pasti sudah sangat familiar, ya kan? Bentuknya unik dan beda dari yang lain membuatnya digemari banyak orang. Roti cone-nya terbuat dari jagung dan berbentuk pipa menyerupai huruf V, J, dan U. Ada pula yang berbentuk melingkar-lingkar atau spiral

.

12. Twigim (튀김)








Kalau Indonesia punya jajanan pinggir jalan gorengan, Korea juga punya gorengan, kok. Bedanya, gorengan ala Korea ini sangat sederhana, bahan utama hanya sekadar dibalurkan ke tepung goreng atau biasa disebut 튀김 가루 (twigim karu), lalu digoreng begitu saja.

Terdiri dari telur, ubi, udang, cumi-cumi, bakso, paprika, hingga sayuran. Twigim yang banyak disajikan adalah cumi-cumi goreng 오징어 튀김 (ojingeo twigim), udang goreng 새우 튀김 (saeu twigim), cabai goreng 고추 튀김 (kochu twigim), sayuran goreng 야채 튀김 (yachae twigim), dan lain-lain. Biasanya orang Korea memakan twigim dengan kecap asin atau dengan saus tteokbokki. Bikin ngiler ya!


13. Sate ayam 닭 꼬치 (tak kkochi)








Nah makanan pinggir jalan Korea Selatan yang satu ini paling favorit nih bagi penulis, so setiap pergi keluar pasti beli tak kkochi, rasanya yang lezat dengan saus pedas manis membuat tak kkoci sangat sayang jika dilewatkan.

Level pedasnya sendiri dibagi 3 level yaitu sedikit pedas, sedang, dan sangat pedas.


14. Yangnyeom tongdak/ tongtak (양념 통닭)






Yangnyeom tongdak adalah ayam goreng yang dipotong-potong kecil dibalur dengan bumbu saus pedas manis kemudian disajikan dalam cup/gelas kertas.

Meskipun jajanan korea ini bahan utamanya adalah daging ayam tetapi yangngyeom dongdak lebih cocok dijadikan cemilan dari pada lauk untuk makan.


15. Hodu kwaja (호두 과자)







Jajanan kaki lima Korea ini dikenal dengan Kue kenari atau dalam bahasa Korea 호두 과자 (hodu kwaja) karena bahan adonan kue ini adalah kenari yang sudah dihaluskan kemudian dicampur dengan tepung. Isian dalam kue ini biasanya pasta kacang merah namun ada juga yang menggunakan isian lainnya. 


16. Kimbab (김밥)







Jika kamu merasa lapar saat jalan-jalan dan ingin makan nasi yang praktis untuk mengganjal perut maka Kimbab lah solusinya.Kimbab adalah nasi yang digulung dengan lembaran rumput laut kering dengan isian telur, lobak, sayur, dll.

Kimbab banyak dijual dipinggir jalan, terminal, stasiun, dll, selain itu kimbab juga tersedia di toko-toko swalayan. Kimbab sangat cocok sebagai bekal saat pergi tamasya.


17. Bap Beogeo (밥 버거)

Selain kimbab ada makanan jalanan Korea jenis nasi lainnya yang praktis, cepat saji, murah, enak dan berizi yaitu bap beogo atau "Burger nasi". bap beogeo adalah burger yang bahan utamanya adalah nasi bukan roti dengan isian tengahnya adalah sayuran dan daging. 


Itulah jajanan kaki lima khas Korea Selatan yang terkenal karena rasanya memang enak dan gak bosenin. Sebenarnya masih banyak jajanan asal Korea yang belum disebutkan namun jajanan-jajanan diatas adalah makanan/kue yang banyak dijajakan pinggir jalan dan gerai-gerai dan banyak digemari, selain itu harganya juga murah meriah.

Kamu juga bisa membuatnya sendiri lho, cetakan-cetakan kue Korea sudah banyak dijual di Indonesia. Yuk Coba....



by Bumi Korea

Bumi Korea Media online untuk berbagi pengetahuan seputar korea selatan mulai dari bahasa kebudayaan dan hiburan

Follow her @ Twitter | Facebook | Google Plus

Tags:

No Comment