8 Cara Menghasilkan Uang Dari Bahasa Korea Bumi Korea Sunday, May 17, 2020 No Comment

8 Cara Menghasilkan Uang Dari Bahasa Korea

Belajar bahasa Korea dan mengikuti tes bahasa Korea tidak hanya untuk orang yang ingin bekerja di Korea atau kuliah di Korea tetapi untuk siapa saja yang ingin memiliki keterampilan di bidang bahasa asing dan memiliki penghasilan dari keterampilan yang dimilikinya.

Kebanyakan orang tidak memiliki alasan yang kuat kenapa mereka harus belajar bahasa Korea, serta tidak memiliki tujuan yang jelas untuk apa mereka belajar bahasa Korea. Sehingga tidak semangat dalam belajar bahasa Korea karena tidak punya bahan bakarnya yaitu alasan dan tujuan.

Pelajari juga: 9D Cara Ampuh Menghafal Kosa Kata Korea Agar tidak Cepat Lupa

Biasa orang belajar bahasa Korea karena ingin bekerja di Korea, dan persyaratan yang harus ditempuh adalah lulus tes EPS-TOPIK agar mendaptakan sertifikat EPS-TOPIK sebagai salah satu dokumen lamaran kerja ke Korea. Dan sebagian lainnya belajar bahasa Korea karena ingin sekolah atau kuliah di Korea.

Sebenarnya meskipun tidak bekerja di Korea kita tetap bisa menghasilkan uang dari keterampilan bahasa Korea yang kita miliki. Dibawah ini kami share cara-caranya.

Berikut adalah cara menghasilkan uang dengan keterampilan bahasa Korea

1. Menjadi Guru Bahasa Korea
Kamu bisa menghasilkan uang dari keterampilan bahasa Korea dengan menjadi seorang guru bahasa Korea, baik guru sekolah formal, universitas, maupun guru di tempat-tempat kursus bahasa Korea. Saya sendiri pernah mengajar bahasa Korea dengan honor Rp.120.00/jam.

2. Membuka kursus bahasa Korea
Selain menjadi guru bahasa Korea di Sekolah, universitas dan di tempat kursus, kamu juga bisa membuka kursus bahasa Korea secara mandiri baik offline maupun online secara kelompok dan privat.

Jika kursus offline kamu bisa memanfaatkan tempat tinggal kamu untuk dijadikan sebagai tempat kursus bahasa Korea atau kamu sendiri yang datang kerumah murid kursus kamu.

Sedangkan untuk kurusu online kamu bisa memanfaatkan aplikasi gratis seperti whatsapp, line, facebook grup atau youtube. Jika ada modal dengan membuat website khusus untuk kursus online bahasa Korea.

Di lembaga-lembaga kursus pada umumnya mereka menetapkan biaya kursus sebesar 2 juta sampai 5 juta per orang.

3. Menulis buku bahasa Korea
Cara menghasilkan uang dari bahasa Korea berikutnya adalah dengan menulis atau menerbitkan buku bahasa Korea. Meskipun sekarang kita hidup di era digital namun masih banyak sekali orang yang suka belajar melalui buku. Saat ini informasi mengenai penerbitan buku sangat mudah di akses melalui internet.

4. Membuat ebook bahasa Korea
Selain membuat buku kamu juga bisa membuat ebook (electronic book/buku elektronik), membuat sebuah ebook sangatlah mudah, gratis alias tanpa modal dan bisa dikerjakan sendiri tanpa perlu bekerja sama dengan penerbit. Jika kamu belum tahu cara membuat ebook silakan browsing di internet.

Jika kamu sudah berhasil membuat ebook, kamu bisa memasarkan ebook bahasa Korea kamu secara online melalui facebook, marketplace produk digital seperti ratakan, youtube, blog, dan lain-lain.

5. Menjadi penerjemah bahasa Korea
.Pilihan lain untuk menghasilkan uang dari bahasa Korea adalah dengan menjadi penerjemah. Saat ini banyak sekali orang Korea yang tinggal di Indonesia baik dalam waktu yang lama untuk urusan bisnis maupun hanya beberapa minggu saja untuk urusan wisata. Dan mereka biasanya membutukan jasa penerjemah.

Kamu juga bisa menjadi penerjemah bahasa Korea secara online dengan bergabung di website-website penyedia jasa freelance seperti Seribulancer, freelancer Indonesia dan masih banyak lagi. Atau kamu juga bisa menawarkan jasa penerjemah melalui blog pribadi, facebook page, twitter dan lain sebagainya.

6. Membuat kanal youtube bahasa Korea
Alternatif lain untuk menghasilkan uang dari bahasa Korea adalah membuat kanal/channel youtube. Saat ini youtube menjadi salah satu ladang penghasil uang favorit karena untuk membuat channel youtube tidak membutuhkan modal, keterampilan apapun bisa dimonetisasi dengan youtube termasuk bahasa Korea.

Jika kamu mahir bahasa Korea kamu bisa membuat konten pembelajaran bahasa Korea dan mengunggahnya ke youtube. Jika subcriber dan jumlah penonton video kamu banyak, maka kamu bisa memasang iklan dari google adsense di video youtube kamu. Dan kamu berhak mendapatkan bagi hasil dari penayangan iklan tersebut.

7. Membuat blog / website bahasa Korea
Teknis mendapatkan penghasilan dari blog/website sama dengan youtube yang membedakan hanyalah medianya saja. Posting konten pembelajaran bahasa Korea di blog, jika blog kamu memenuhi syarat  kamu bisa memasang iklan di blog dan kamu berhak mendapat bagi hasil dari penawayangan iklan tersebut.

Cara membuat blog/website tersedia banyak sekali di internet silakan pelajari. Atau jika tidak mau repot kamu bisa membayar jasa pembuat blog/website.

8. Membuat aplikasi belajar bahasa Korea
Cara menghasilkan uang dari bahasa Korea yang terkhir adalah dengan membuat aplikasi bahasa Korea, bisa kamus, percakapan, grammer atau yang lainnya. Cara ini memang rumit karena butuh keahlian programing, tapi jangan khawatir saat banyak sekali freelancer jasa pembuatan aplikasi.

Teknisnya sama aplikasi bahasa Korea kamu harus dipasang iklan terlebih dahulu, iklan tersebut akan ditampilkan saat orang mengakses aplikasi kamu, dan kamu akan mendapatkan bagi hasil dari tayangan iklan tersebut.

Itulah 8 cara menghasilkan uang dari kemampuan bahasa Korea yang kamu miliki. Semoga artikel ini bisa memotivasi dan memberi semangat agar kamu bisa lebih giat lagi dalam belajar bahasa Korea. Jika masih ada lagi cara lainnya untuk mendapatkan uang dari bahasa Korea yang belum disebutkan diatas silakan share di kolom komentar dibawah.
by Bumi Korea

Bumi Korea Media online untuk berbagi pengetahuan seputar korea selatan mulai dari bahasa kebudayaan dan hiburan

Follow her @ Twitter | Facebook | Google Plus

Tags:

No Comment