SEJARAH HURUF HANGEUL (한글) | BumiKorea ㅣBelajar Bahasa Korea untuk Pemula

SEJARAH HURUF HANGEUL (한글) Bumi Korea Sabtu, 17 Januari 2015 6 Comments

SEJARAH HURUF HANGEUL (한글)


    Sebelum mempelajari lebih dalam huruf hangeul ada baiknya Anda mengetahui dulu sejarah singkat huruf hangeul. Seperti yang kita tahu Hangeul adalah nama huruf Korea.

Asal-Usul Hangeul

           Huruf Hangeul awalnya bernama Hunminjeongeum (훈민 정음) yang diciptakan oleh Raja Sejong Yang Agung (대왕 세종 ) pada masa kejayaan dinasti Yi (Kerajaan Joseon) tahun 1443. Raja Sejong menciptakan Hunminjeongeum dibantu oleh para Ilmuwan dalam lembaga ilmu pengetahuan Jiphyeonjeon dan hasilnya di publikasikan 3 tahun kemudian dalam sebuah buku yang berjudul Hunminjeongeum haeryebon (훈민정음 해례본) / (Edisi penjelasan Hunminjeongeum). Hunminjeongeum ditetapkan sebagai harta nasional korea dan dan didaftarkan sebagai Warisan Memori Dunia UNESCO pada tahun 1997.

Tujuan Diciptakan Huruf Hangeul

       Tujuan diciptakannya Hangeul yaitu untuk membuat suatu keterangan hak kepemilikan pada masa itu yang mengalami kekacauan. Hangeul disusun berdasarkan ajaran budha yang menggambarkan hubungan antara manusia dengan Tuhan dan hubungan manusia dengan sesama manusia. Tujuan lain Raja Sejong menciptakan Hangeul adalah agar rakyatnya yang sebagian besar tidak dapat menulis huruf Hanja (한자) atau huruf Cina dapat menulis Bahasa Korea dengan sistem yang lebih mudah.

Tantangan Pengesahan Hangeul

Pada awalnya huruf Hangeul banyak memperoleh tantangan dari berbagai kalangan. Banyak yang menilai bahwa huruf Hungeul adalah huruf rendahan. Tetapi pada masa pendudukan Jepang justru huruf Hangeul yang banyak dipakai sebagai media tulisan.
           Pada tahun 1948 Pemerintah Republik Korea (대한 민국) menetapkan pemakaian Hangeul di sekolah-sekolah dan dokumen-dokumen resmi. Saat ini di seluruh wilayah Korea sudah memakai huruf Hangeul, namun huruf Hanja (huruf Cina) pun masih dipakai untuk penulisan-penulisan tertentu.
      

Karakter dan Pembagian Huruf Hangeul

     Huruf hangeul memiliki dari 24 karakter dasar, terdiri dari 14 huruf konsonan dan 10 huruf vokal. Kemudian dari 24 karakter tersebut dikembangkan lagi dengan ditambahkannya 16 huruf konsonan rangkap dan 11 huruf vokal rangkap. Penulisan huruf hangeul dimulai dari kiri ke kanan dan dari atas ke bawah.

Berikut adalah susunan pembagian huruf Hangeul

  • 1. Huruf Konsonan 
Konsonan tunggal: ㄱ, ㄴ, ㄷ, ㄹ, ㅁ, ㅂ, ㅅ, ㅇ, ㅈ, ㅊ, ㅋ, ㅌ, ㅍ, ㅎ

Konsonan rangkap:
  • Rangkap sama: ㄲ, ㄸ, ㅃ, ㅆ, ㅉ
  • Rangkap Beda: ㄳ, ㄵ, ㄶ, ㄽ, ㄾ, ㅀ, ㅄ, ㄺ, ㄻ, ㄼ, ㄿ

2Huruf Vokal
  • Vokal tunggal: 아, 야, 어, 여, 오, 요, 우, 유, 이, 으
  • Vokal rangkap: 애, 얘, 에, 예, 와, 왜, 워, 웨, 위, 외, 의


                                                               DAFTAR ISI
by Bumi Korea

Bumi Korea Media online untuk berbagi pengetahuan seputar korea selatan mulai dari bahasa kebudayaan dan hiburan

Follow her @ Instagram | Facebook | Instagram

Tags:

6 komentar :

  1. Terimakasih suda banyak membantu belajar bahasa Korea saya

    BalasHapus
  2. makasih pelajarannya, ini sangat bermanfaat

    BalasHapus
  3. Terimakasih,blog ini sangat membantu saya dalam belajar bahasa Korea karena cara menjelaskannya sangat mudah untuk dipahami

    BalasHapus
  4. terimakasih sudah membantu saya belajar bahasa korea,semoga saya bisa memahaminnya dengan cepat🙏

    BalasHapus
  5. Terimakasih, sangat membantu.
    Semua berkah untuk semua. Aamiin YRA

    BalasHapus